Dua Smartphone Baru Google Segera Meluncur

Logo Google.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – Google akhirnya membuat keputusan untuk merilis smartphone Android Go pertamanya pada pagelaran Mobile World Congress 2018, yang digelar pekan depan di Barcelona, Spanyol.

Indosat Bawa Oleh-oleh dari Barcelona

Perusahaan tersebut mengklaim, Android Go dibuat untuk populasi yang lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan smartphone yang sesuai dengan dana target tersebut. 

Android Go berfokus pada kegunaan perangkat yang disesuaikan dengan spesifikasi yang lebih rendah. Perangkat ini kemungkinan akan beroperasi pada random access memory atau RAM kurang dari 1 Gigabtye. Hal ini sangat berbeda dengan smartphone lainnya, yang memiliki RAM 4 GB. 

Huawei Gebrak MWC 2024 dengan Produk High-end Fashion Forward

Google akan berfokus pada membuat prosesor yang sederhana, dengan tempat penyimpanan yang minim dan lebih efisien. 

"Perangkat ini harus terjangkau, dan pengalamannya harus sangat luar biasa. Kami tidak hanya ingin memberikan akses pada orang-orang, kami juga ingin memberikan pengalaman berkualitas tinggi yang bermanfaat," jelas Senior Vice President Platforms and Ecosystems Google, Hiroshi Lockheimer, dilansir situs TechRadar, Sabtu 24 Februari 2018. 

Ingin Jadi Penggerak Utama Demokratisasi Digitalisasi di Indonesia

Android Go membuat Google menghilangkan seluruh fitur-fitur yang ada pada Android lama. Fitur tersebut biasanya dapat memakan banyak tempat pada smartphone

Google juga telah menyesuaikan aplikasi Google tradisional, untuk lebih bisa dioptimalkan pada perangkat Android Go.

Pada Playstore, sekarang sudah tersedia Youtube Go, Google Go, Maps Go, Files Go dan Gmail Go. Beberapa tersedia pada Android Oreo, dan lainnya juga bisa diakses dalam Android versi lama. 

Selain Android Go, Google juga akan memunculkan Android One pada MWC 2018. Perangkat ini akan diisi dengan versi lengkap dari Android OS.

Google menjanjikan, Android One bisa diperbarui lebih cepat selama dua tahun ke depan. 

Kedua perangkat ini jelas memiliki target pasar yang berbeda. Android Go akan menyasar pada smartphone murah.

Sedangkan, Android One akan diluncurkan sebagai perangkat dengan kualitas tinggi yang mementingkan kualitas, performa, dan spesifikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya