Logo ABC

WSU Ciptakan Kamera Pencegah Satelit Bertabrakan di Luar Angkasa

Kamera Astrosite dirancang dengan mengambil model mata manusia.
Kamera Astrosite dirancang dengan mengambil model mata manusia.
Sumber :
  • abc

Universitas Western Sydney di New South Wales, Australia berhasil menciptakan kamera dengan teknologi pertama di dunia yang dapat melacak objek di luar angkasa dalam waktu seketika yang mampu mencegah satelit bertabrakan di ruang angkasa.

Kamera yang diberi nama Astrosite ini dikembangkan di Western Sydney University (WSU) bekerjasama dengan angkatan udara Australia (RAAF) dan diklaim sebagai terobosan penting yang mengubah pemantauan kesadaran situasi di ruang angkasa.

Rancangan dari kamera baru ini terinspirasi oleh anatomi manusia, kata pencipta Astrosite, Associate Professor Greg Cohen.

"Satelit ini dimodelkan dari mata manusia, reseptor foto aktual di retina dan cara mereka mengirim informasi, karena mereka tidak memotret bingkai, mereka tidak mengambil gambar, mereka hanya mengirimkan perubahan."

Greg Cohen Pencipta kamera Astrosite, Associate Professor Greg Cohen, mengatakan kamera astrosite dapat beroperasi saat dalam keadaan bergerak.

ABC News: Jonathan Hai

Kamera canggih ini sekarang sedang dalam proses pengiriman melalui kontainer dan akan dipamerkan di ajang Australian International Airshow di Victoria minggu depan.