Soal Foto Bugil di Maps, Menkominfo: Akan Dicek

Peta Google Maps
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan akan mengecek soal foto pria bugil yang muncul si Google Maps saat mencari Banda Aceh.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

"Saya akan cek itu. Saya akan periksa itu bagaimana seharusnya sisi Kominfo sendiri. Tentu yang kita lihat adalah konten apa yang akan disampaikan," kata Johnny di DPR, Jakarta, Selasa, 5 November 2019.

Dia mengatakan jika memang konten tidak layak, maka akan diturunkan oleh pihaknya. Menurutnya hal-hal yang melanggar hukum di Indonesia tidak bisa ditolerir. Karena saat diberi satu kesempatan, nanti yang berikutnya akan diikuti.

Lacak Nomor HP dengan 4 Cara, Terakhir Bisa Cek Tarif Tol

"Mohon maaf hal-hal yang seperti itu yang melanggar hukum di Indonesia tidak boleh ditolerir. Satu diberi kesempatan nanti yang kedua akan diikuti," kata dia.

Baca juga: Kasus Meme Joker Anies, Dosen UI Ancam Gugat Balik Fahira Idris

Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Pastikan Saldo Cukup

Johnny mengatakan untuk masalah tersebut pihaknya melihat dari dua aspek, yaitu kebebasan berpendapat dan pelanggaran terhadap adat istiadat. Menurutnya ekspresi merupakan bagian pendapat dan di Indonesia dilindungi di konstitusi kita.

Namun dia mengingatkan juga soal adat istiadat di Indonesia. Ada wilayah tertentu diperbolehkan tidak berbusana dan di Indonesia tidak bisa.

"Kalau itu tindakan melanggar hukum tentu kita akan mengambil langkah, tapi kalau ekspresi pendapat suatu aturan dalam negeri, maka bukan hanya Kominfo melihatnya tapi juga antar departemen informasi dan kementerian," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya