Kawah Meteor di Jerman jadi Acuan Kehidupan Alien di Mars

Planet Mars.
Sumber :
  • National Geographic

VIVA – Kawah meteor dengan lebar 15 mil di Jerman Selatan yang disebut Nordlinger Ries tengah diteliti. Para ilmuwan berharap dari studi ini mereka bisa memahami bagaimana alien pernah hidup di Planet Mars.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Dikutip dari situs Express, diketahui keadaan dan zat kimia di sana sangat mirip dengan lingkungan Mars, khususnya di kawah Jazero. Keduanya di masa lampau memiliki air cair, membuat komposisi kimianya sama.

Kawah Ries adalah sebuah perkotaan yang dibangun sejak 1000 tahun yang lalu. Ilmuwan percaya daerah unik itu memiliki lapisan batuan dan mineral yang memiliki kualitas baik dibanding daerah lainnya di Bumi.

Bumi Punya Tameng Langit

Isotop nitrogen yang mereka temukan dalam sampel tersebut mencerminkan pH air masa lalu di planet merah. Robot penjelajah Mars 2020 akan mendarat di kawah Jezero untuk penelitian.

Perbandingan keduanya akan membantu ilmuwan memahami bagaimana Mars pernah menjadi planet yang memiliki lautan dan kehidupan bagi alien miliaran tahun yang lalu.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

"Pertanyaannya bukan apakah saat ini ada kehidupan, tapi apakah ada kehidupan di sana miliaran tahun lalu, yang tampaknya jauh lebih mungkin," ujar Timothy Lyons salah seorang ilmuwan dari Universitas California.

Suhu di sana mencapai -61 derajat Celcius, mungkin terlalu dingin untuk mendukung sebuah kehidupan. Namun itu bisa terjadi jika atmosfer mereka memiliki karbondioksida.

Oleh sebab itu mereka meneliti kawah Ries untuk memahami kandungan alkalin, pH dan Nitrogen. Dengan faktor-faktor ini mereka bisa mengetahui komposisi karbon dioksida yang selanjutnya bisa memberi tahu mereka soal kehidupan alien di masa purba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya