Ilmuwan Temukan Planet Alien Mengorbit

Ilustrasi planet baru.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Planet yang diduga dihuni alien, dikabarkan mengorbit pada bintang mati atau White Dwarf. Obyek ini berjarak 80 tahun cahaya dari Bumi.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Para peneliti menemukan, ada sebuah planet dengan ukuran tujuh kali lebih besar dari White Dwarf mengorbit selama 34 jam sekali, dikutip dari laman Space, Kamis 17 September 2020.

"WD 1856 b (sebutan bagi planet itu) sangat dekat dengan White Dwarf, dan berhasil tinggal dalam satu bagian," ungkap peneliti utama dari University of Wisconsin-Madison, Andrew Vanderburg.

5 Ramalan Kiamat yang Berhasil Buat Geger Umat Manusia

Dia menuturkan, biasanya bintang mati akan menghancurkan obyek terdekatnya. Planet-planet bisa terkoyak dengan gravitasi besar White Dwarf itu. Menurutnya, masih banyak hal yang patut dipertanyakan, seperti bagaimana planet itu bisa selamat dan mengorbit di sana.

Baca juga: Daftar iPhone yang Bisa Pakai iOS 14, Bisa Diunduh Hari Ini

Astronom Temukan Planet Baru Mirip Bumi

"Kami masih mempunyai banyak pertanyaan soal bagaimana WD 1856 b bisa datang tanpa mengalami hal buruk," kata dia.

Sejauh ini, tidak ada planet lain dalam sistem tata surya White Dwarf ini. Menurut peneliti lainnya, Siyi Xu, benda-benda kecil seperti asteroid dan komet tidak terpengaruh dengan kehadiran bintang mati itu.

"Kami telah melihat bukti jika planet-planet bisa menyebar juga. Namun, ini nampaknya menjadi pertama kalinya kami melihat planet melakukan perjalanan utuh," kata Xu. 

WD 1856 b ditemukan para peneliti menggunakan Transit Exoplanet Survey Satelit atau TESS. Benda ini berburu dunia asing dari perspektif pesawat ruang angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya