Bos Antivirus McAfee Ditahan Polisi Guatemala

Pendiri perusahaan software antivirus McAfee, John McAfee
Sumber :
  • REUTERS/William Gularte

VIVAnews - Pendiri perusahaan antivirus McAfee, John McAfee, ditangkap kepolisian Guatemala. Mahaguru dalam bidang software antivirus ini ditahan dengan tuduhan masuk ke Guatemala secara ilegal.

Menurut Menteri Dalam Negeri Guatemala, Mauricio Lopez Bonilla, McAfee ditangkap di sebuah hotel yang terletak di kawasan elit Ibukota Guatemala, Guatemala City.

Mengutip laman BBC, McAfee melintasi perbatasan Guatemala untuk mencari suaka politik. McAfee memang saat ini berstatus buronan, setelah polisi dari Belize, negara di Amerika tengah yang berbatasan dengan Guatemala, menuduhnya terlibat kematian tetangganya di Belize.

Pengusaha eksentrik ini menjadi tersangka atas kasus pembunuhan pengusaha asal Florida, Gregory Faull, pada 11 November lalu. Atas tuduhan ini, McAffe mengaku tak bersalah, lalu kabur sebagai bentuk protes.

Gregory Faull ditemukan tewas dengan satu luka tembakan di kepala, di rumahnya yang bersebelahan dengan McAfee. Selama ini Faull dan McAfee diketahui sering bertengkar terkait anjing yang menjaga rumah McAfee.

Tapi John McAfee membantah keterlibatannya dalam kasus itu. Sedangkan alasan McAfee kabur adalah dia ingin melakukan penyelidikan sendiri terkait kasus itu, sebab dia tak yakin polisi bisa mengungkap kasus ini secara benar.

Bahkan dalam wawancara dengan televisi NBC, McAfee menawarkan hadiah sebesar US$25.000 bagi orang yang berhasil menangkap pembunuh sebenarnya.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Menyamar

Dalam blognya, McAfee mengaku diperlakukan secara tak layak" oleh kepolisian Belize. Karena itu, dia pun meninggalkan Belize. Saat ini, masih belum ada tawaran hadiah atas penangkapan McAfee.

Muncul pertama kali ke hadapan publik pada Selasa kemarin, McAfee dan pengacaranya mengaku akan mengajukan petisi ke pemerintah Guatemala.

"Belize tak memiliki rekam jejak yang baik dalam menyediakan keamanan saat mereka mengajukan pertanyaan. Saya merasa lebih aman saat telah melintasi perbatasan," ujar McAfee.

McAfee kemudian menginap di hotel bintang lima, Villa Real Hotel di Guatemala City, kemarin. 

Pria berusia 67 tahun ini pun mengaku, agar tak dikenali, dia mengubah penampilannya dengan mengubah warna rambut. Tak hanya itu, dia pun mengunyah permen karet agar pipinya terlihat lebih tembem.

Setelah sukses dengan perusahaan software antivirus, McAfee memang dikenal menjalani kehidupan yang eksentrik. Dia pun kemudian pindah ke Belize demi pajak yang ringan dan tinggal di rumah dengan penjagaan super-ketat.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini” yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024