Cara Simpanse Pilih Teman Sama Seperti Manusia

Simpanse berteman
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk
VIVAnews
Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia
- Simpanse merupakan salah satu spesies yang memiliki perilaku seperti manusia. Baru-baru ini tim peneliti dari University of Zurich, Swiss, dan University of Vienna, Austria, menemukan bahwa cara simpanse memilih teman mirip dengan manusia.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Melansir
Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Daily Mail , 13 Oktober 2013, simpanse cenderung memilih berteman dengan simpanse lain yang memiliki banyak kesamaan perilaku dan emosional.


Temuan ini didapat peneliti setelah meneliti 40 primata jenis simpanse di dua kebun binatang. Para simpanse memilih duduk bersama dengan jenis-jenis kepribadian yang sama.


"Kami menemukan individu simpanse berteman dengan kesamaan perilaku. Misalnya simpanse yang ramah akan berteman dengan simpanse yang ramah, sedangkan simpanse yang pemalu akan berkumpul dengan simpanse yang pemalu juga," kata Jorg Massen, Pemimpin Penelitian dari University of Vienna.


Massen menambahkan, temuan terbaru ini menunjukkan simpanse memang memiliki kesamaan dengan manusia dalam hal bersosialisasi.


Sementara peneliti Sonja Koski, dari University of Zurich, mengatakan setiap kelompok simpanse yang terdiri dari jantan dan betina memiliki kepribadian yang sama.


"Namun, kelompok simpanse yang ramah dan pemalu selalu melakukan silahturahmi. Itu mirip sekali dengan perilaku manusia yang selalu bersosialisi antar individu," ujar Koski.


Selain simpanse, di penelitian sebelumnya juga menemukan spesies babon juga memilih teman berdasarkan kesamaan perilaku. Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di
Jurnal Evolution and Human Behaviou
r. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya