Cara Asyik Kendalikan Diabetes, Main Konsol Game Ini

Seseorang sedang memainkan game tinju di Nintendo Wii
Sumber :
  • canada.com

VIVAnews - Bagi Anda penderita penyakit diabetes tipe dua, kini ada cara baru untuk mengendalikan kadar gula di dalam tubuh. Caranya dengan aktif memainkan game komputer Nintendo Wii Fit Plus selama setengah jam sehari dalam tiga bulan.

Melansir BBC, Rabu 11 Desember 2013, tim peneliti West German Centre for Diabetes and Health menemukan, dengan aktif bermain game Wii Fit Plus memungkinkan para gamer tak hanya kehilangan berat badan tapi juga mencapai kadar glukosa lebih rendah.

Temuan ini didapat peneliti dari 220 pasein diabetes tipe yang aktif bermain game. Hasilnya, aktivitas itu mampu membantu kemampuan tubuh menggunakan insulin secara efektif dan menjaga berat badan tetap sehat.

Menurut Prof Stephan Martin, pemimpin penelitian, bermain game Wii Fit Plus telah menawarkan cara alternatif agar seseorang tetap aktif secara fisik. Terutama untuk mengendalikan kadar gula darah di tubuh.

"Mereka yang rajin bermain game akan mengalami perubahan signifikan dalam ukuran kontrol gula darahnya yang disebut HbA1c. Banyak para penderita diabetes melaporkan kualitas hidup lebih baik setelah rutin bermain game," kata Martin.

Sementara kata Dr Richard Elliot, dari Diabetes UK, aktifitas fisik, diet seimbang, dan meminum obat, dapat membantu para pengindap diabetes tipe dua dalam mengontrol kondisi tubuh dan mencegah risiko mengalami komplikasi diabetes.

"Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dalam jangka panjang sangat perlu dilakukan oleh penderita diabetes untuk menciptakan kondisi tubuh yang sehat," ujar Elliot.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Picu Aktivitas

Dia menambahkan, permainan game telah mempromosikan gaya hidup sehat bagi penderita diabetes. Namun, pengguna tetap perlu aktivitas fisik yang lain.

"Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek jangka panjang dari aktivitas bermainan game dibandingkan dengan aktivitas fisik lainnya," kata Elliot.

Seperti diketahui, Nintento Wii Fit Plus adalah produk game yang mampu menjadi pelatih kemampuan fisik (fitness) penggunanya.

Produk ini dapat memandu seseorang untuk melakukan yoga, hula hoops, dan latihan fisik lainnya, di atas Wii Balance Board yang tersambung pada konsol dengan sinyal nirkabel.

Selain itu, di Wii Fit juga memiliki fitur index berat badan manusia dan sistem penilaian permainan user seperti konsol game biasa. (ren)

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024