Teknologi di Film Jadul yang Jadi Nyata (IV)

Salah satu cuplikan film Star Trek III
Sumber :
  • YouTube
VIVAnews - Perangkat ponsel genggam saat ini sudah menjadi booming. Hampir semua orang kini telah menggunakan ponsel, setidaknya untuk berkomunikasi. Bahkan kini fungsi ponsel tak sekadar untuk komunikasi saja, tapi sudah dapat makin pintar dengan berbagai aplikasi di dalamnya.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Nah, teknologi komunikasi ini sudah diperankan dalam film Star Trek The Search for Spock atau Star Trek III yang dirilis pada 1984. Memang teknologi yang muncul pada film serial bertema ruang angkasa itu banyak menampilkan komunikasi videophone, printer 3D dan pengenalan suara komputer. Film Star Trek III juga menampilkan teknologi yang telah dipakai manusia pada era saat ini, komunikator genggam atau ponsel. 
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Melansir Wallstcheatsheet, hari ini, bahkan Martin Cooper, sang penemu ponsel pertama, dilansir Time, mengaku inspirasi temaunnya adalah perangkat genggam yang dipakai oleh Kapten Kirk dalam film Star Trek tersebut. 
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Ponsel bikinan Cooper tak mirip dengan cuplikan Star Trek III, yang memiliki desain alat komunikasi genggam yakni ponsel lipat. 

Memang ponsel genggam besutan Cooper yang pertama memang berbentuk sangat kaku, disebut perangkat batu bata, tebal dengan antena menjulang. Cooper menciptakan ponsel batu bata itu saat bekerja di Motorola. 

Ponsel yang kemudian memiliki nama brand DynaTAC 800x memang terlihat jadul. Mempunyai berat dua kilogram, ponsel ini menghabiskan biaya produksi Rp33,9 juta, dan hanya mampu bertahan untuk bicara sekitar 30 menit.

Sebenarnya ponsel ini sudah digunakan pada 1973 dan baru dirilis secara komersil 10 tahun kemudian. DynaTAC semakin populer saat dipergunakan dalam acara komedi populer Save By The Bell dan film Wall Street pada tahun 1980-an. 

Kini beberapa dekade setelah munculnya film Star Trek, telah muncul banyak desain ponsel dengan beragam produsen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya