Temuan Logam Mitos di Italia Kuak Lokasi Kota Atlantis?

Gambaran Kota Atlantis yang hilang ditelan lautan.
Sumber :

VIVAnews - Sekelompok arkeolog kelautan berhasil menemukan logam mitos di Pantai Sisilia, kota Gela, Italia, yang diduga kuat merupakan logam dari kota hilang Atlantis.

Peneliti itu menemukan 39 batang logam yang diyakini sebagai orichalcum, logam paling berharga dalam kisah kota Atlantis karya filosof Plato. Logam mitos ini disebutkan lebih berharga daripada logam emas.

Arkeolog Badan Pengawasa Laut Sisilia, Sebastioano Tusa, dilansir Daily Mail, Jumat 9 Januari 2015, mengungkapkan puluhan batang logam itu ditemukan tenggelam di dasar laut dan terletak di antara bangkai kapal dagang berusia 2600 tahun. Kapal itu tenggelam di kedalaman 1000 meter. Ia yakin logam itu termasuk  logam yang paling berharga.

Analisis temuan menunjukkan logam itu terbuat dari paduan tembaga (75-80 persen), seng (15-20 persen), serta terdapat jejak nikel, timah dan besi.

"Kami mengetahui orichalcum dari teks kuno dan beberapa benda hias. Temuan yang ada belum pernah ada yang serupa logam ini," jelas Tusa.

Jika benar logam yang ditemukan tim peneliti Tusa itu adalah orichalcum, maka makin mengundang pertanyaan mengenai lokasi kota Atlantis yang digambarkan Plato. Sebab dalam karya Critias, filosof Yunani itu menggambarkan Atlantis gemerlap dengan logam berkilau merah itu.

"Temuan ini menegaskan sekitar satu abad setelah berdirinya (kota Atlantis) pada 689 Sebelum Masehi, wilayah Gela tumbuh menjadi sebuah kota yang kaya dengan perajin artefak berharga," kata dia.

Sejauh ini beberapa wilayah diduga sebagai lokasi kota Atlantis yang hilang. Setidaknya ada 13 wilayah yang disebut-sebut sebagai kota Atlantis di masa lalu, termasuk spekulasi terkubur di wilayah Indonesia.

Baca juga:

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024