KRI Rigel-933, Kapal Perang Canggih TNI AL Bernilai Rp564 M

ROV di KRI Rigel-933
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus
VIVA.co.id
Intip Kemampuan Perang Panser TNI Buatan Bandung
- Armada TNI Angkatan Laut (AL) kini semakin tangguh dengan kedatangan satu kapal canggih bernama KRI Rigel-933. Kapal tersebut digadang-gadang yang paling canggih yang ada di Asia Tenggara.

Ketua DPR Dorong Peremajaan Alutsista TNI

KRI Rigel-933 merupakan salah satu kapal perang pertama yang dimiliki oleh Indonesia berjenis Multi Purpose Research Vessel (MPRV). Nantinya, kapal tersebut akan berada dibawah kendali jajaran TNI AL di bawah satuan Survei Hidro-Oseanografi.
Empat Super Tucano Tiba di Lanud Abdurahman Saleh Malang


Kapal ini mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam melaksanakan survei dan pemetaan untuk kepentingan sipil maupun militer. Dalam menunjang tugas tersebut, KRI Rigel-933 dilengkapi sejumlah peralatan canggih.


Kapal buatan Prancis ini dilengkapi Deep Water Multibeam Kongsber EM 302. Peralatan ini memiliki resolusi dan akurasi yang cukup tinggi, dengan menggunakan gelombang suara frekusensi 30 KHz, KRI Rigel-933 mampu melaksanakan pemetaan bawah laut hingga kedalaman 7.000 meter.


Di dalam kapal ini juga terdapat Shallow Water Multibeam EM2040, sebuah peralatan yang dirancang berukuran kecil dan ringan, mampu memberikan akurasi data tinggi, saat dilakukan pemetaan. Disebutkan, alat ini dapat melaksanakan pemetaan perairan dangkal dari 0 hingga 450 meter.


KRI Rigel-933 ini juga dipersenjatai oleh Remotely Operated Vehicle (ROV). Peralatan survei robot bawah air ini dapat berfungsi sebagai survei geofisika, pipa bawah laut. Alat yang diproduksi dari Prancis ini, mampu menyelam hingga 1.000 meter dibawah permukaan.


Menariknya, ROV yang terpajang di KRI Rigel-933 tersebut dilengkapi sebuah lengan dengan lima fungsi gerakan, layaknya tangan manusia, sehingga dapat mengambil obJek di dasar laut. Terdapat pula dua buah kamera bawah air, dan satu buah kamera tiga dimensi.


Selain itu, kapal anyar TNI AL memiliki alat bernama Valeport Midas +606 Condutivity Temperature Depth (CTD). Alat tersebut berfungsi sebagai pengukur karakteristik air laut, seperti suhu, salinitas tekanan, kedalaman, dan densitas air laut. Alat ini juga mempunyai sensor dalam mengukur parameter fisik air laut dan dapat digunakan hingga kedalaman 6.000 meter.


Dan yang terakhir, KRI Rigel-933 dimanjakan oleh adanya Hugin 1000 Autonomous Underwater Vehicle. Peralatan ini merupakan wahana bawah air yang bertugas sebagai penyedia data Hidro-oseanografi secara mandiri (automatic) dengan perintah dari operator di Kri Rigel-933. Alat ini dapat menyelam sedalam 4.500 meter yang didukung peralatan multibeam EM 2040, ADCP, dan Side Scan Sonar (SSS).


Diketahui, KRI Rigel-933 dibeli oleh TNI AL dari Prancis dengan mahar Rp564 miliar. Kapal ini mampu menampung 40 orang awak dan 11 peneliti.


Kata Rigel dalam nama kapal tersebut diambil dari salah satu bintang kedua yang paling bercahaya di ras bintang Orion. Rigel adalah bintang raksasa berwarna biru keputihan dan memiliki massa matahari serta bersinar sekitar 117 ribu kali luminositas matahari dan diamater 74 kali matahari. Sedangkan, dari bahasa Arab, kata Rigel mempunya arti juga yaitu 'Rigl awza al-Yusra. Secara harfiah dalam bahasa Arab, maka diartikan sebagai kaki kiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya