Dilelang, Surat Keyakinan Einstein kepada Tuhan

Albert Einstein
Sumber :
  • businessinsider.com
VIVA.co.id
Gelombang Gravitasi Ditemukan, Teori Einstein Terbukti
- Surat-surat hasil goretan pena dari tangan Albert Einstein dilelang. Setidaknya ada dua lusin surat pribadi dari Einstein ini yang dinyatakan diperjualbelikan.

Puan Maharani Ingatkan Petuah Albert Einstein

Pelelangan ini dilakukan oleh rumah lelang yang berbasis di California, Amerika Serikat, bernama Profiles in History.
Gadis 12 Tahun Punya IQ di Atas Einstein


Surat-surat tersebut menceritakan sisi lain dari Einstein yang dikenal sebagai ilmuwan jenius, bagaimana cara dia berkomunikasi dengan orang-orang terdekatnya, termasuk keluarganya sendiri.


Tak hanya surat yang ia tuliskan untuk anak-anaknya, Hans Albert Einstein, Eduard Einstein, dan mantan istrinya Mileva Maric yang menarik perhatian. Melainkan terdapat salah satu surat yang berisi bahwa Einstein bukanlah seorang Ateis, seperti yang diduga-duga banyak orang.


"Kita semua tahu tentang apa yang dia capai, bagaimana dia mengubah dunia dengan Teori Relativitas. Tapi, surat-surat ini menunjukkan sisi lain dari dirinya, bagaimana dia menyarankan anak-anaknya dan bagaimana dia bisa percaya pada Tuhan," ujar pendiri Profiles in History, Joseph Maddalena dikutip dari
Washington Post,
Senin, 15 Juni 2015.


Berikut isi surat tentang kepercayaan Einstein terhadap Tuhan, ketika dia berinteraksi dengan seseorang yang bernama Guy H Raner.


"Saya sudah berulang kali mengatakan bahwa ide saya tentang Tuhan adalah pribadi. Anda dapat menyebut saya agnostik, tapi saya tidak berbagi semangat Perang Salib dari ateis profesional...saya lebih suka sikap rendah hati, sesuai dengan kelemahan pemahaman intelektual kita tentang alam dan keberadaan kita sendiri,"
begitu sepenggal keyakinan yang tertulis dalam surat tersebut.


Dikutip dari laman
Independent,
surat-surat pribadi ilmuwan penemu Teori Relativitas dan bom atom ini, dapat menarik minat pembeli dari para kolektor sehingga dapat mencapai penjualan US$1 juta.


Rumah lelang Profiles in History cukup optimistis pelelangan surat pribadi Enstein ini, sebab ini merupakan salah satu koleksi terbesar yang pernah dilelang dibandingkan sebelum-sebelumnya.


This undated image provided by Profiles in History shows a letter written on September 28, 1949, by legendary physicist Albert Einstein on his idea of God. (Profiles In History via AP) ** FILE **

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya