Begini Kekuatan Laser Paling Kuat di Dunia

Laser LFEX, laser terkuat di dunia
Sumber :
  • www.popsci.com/Osaka University

VIVA.co.id - Peneliti di Universitas Osaka, Jepang mengklaim telah menembakkan laser paling kuat di dunia. Laser tersebut diluncurkan dengan menggunakan tekanan 2 petawatt (dua quadrilion watt/2 ribu triliun watt) dalam waktu sepertriliun detik.

Laser terkuat besutan peneliti Osaka itu dinamakan Laser for Fast Ignition Experiments (LFEX). Instalasi laser ini memiliki panjang 91,4 meter.

Dilansir Popular Science, Rabu 29 Juli 2015, ambisi untuk menghadirkan laser dengan kekuatan super sudah muncul lama. Sebelum laser peneliti Osaka, Amerika Serikat telah memiliki laser dengan tekanan 1 petawatt yang dikembangkan peneliti Universitas Texas, Austin.

Michael Donovan, Pembantu Direktur Texas Petawatt mengatakan untuk menciptakan laser super memang penting untuk mempertimbangkan ukuran laser. Ia mengatakan sementara output daya laser sangat besar, tapi energi yang digunakan sebenarnya sangat kecil.

"Energi Texas Petawatt, 150-200 Joul. Itu hanya kisaran secangkir kopi atau bola tenis," kata Donovan dalam emailnya.

Ia menambahkan energi yang digunakan dalam 2 detik yaitu 100 watt bola lampu.

Bila dibandingkan, peneliti Universitas Osaka mengatakan laser mereka sekitar 100 kali energi laser besutan peneliti Universitas Texas Austin.

"Dan dua kali daya puncaknya," kata peneliti Osaka.

Sementara saat ditanya seberapa besar kekuatan laser tersebut, ilmuwan senior Universitas Illinois, Urbana-Champaign, AS mengatakan bisa menghancurkan semua benda.

"Yah bisa meledakaan semuanya," kata dia.

Teknologi Membuat Anak Rentan Terpapar Kekerasan Virtual
Shuttle bus Unpad

Unpad Terapkan Aplikasi Mobile Akademik

Aplikasi ini juga mengatur jadwal konsultasi dengan pembimbing.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016