Mobil Tenaga Surya Buatan ITS Tiba di Bali

Menristek Dikti, M Nasir, resmikan uji coba mobil listrik ITS.
Sumber :
  • VIVA/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Mobil bertenaga surya buatan mahasiswa Institut Teknologi Surabaya (ITS) tiba di Bali. Mobil ini tengah diujicoba dengan menempuh perjalanan Jakarta-Bali.

Dian Aprilia, salah satu anggota tim pembuat mobil bertenaga surya menjelaskan, tak ada kendala berarti yang dialami oleh mobil rakitannya itu.

Ini Motor Listrik Bikinan Mahasiswa ITS Surabaya

"Kami berangkat dari Kementerian Riset dan Teknologi pada tanggal 17 Agustus lalu," kata Dian saat ditemui VIVA.co.id di Denpasar, Jumat 21 Agustus 2015.

Yang masih menjadi kendala bagi Dian adalah komunikasi di tim untuk menyelesaikan problematika mobil yang diciptakan 20 orang itu.

"Kendala lebih banyak di teamwork kami saja. Kendala teknis tak ada, hanya soal medan yang berbeda dengan rute perlombaan nanti di Australia," katanya.

Menurut Mahasiswa Teknik Mesin ITS angkatan 2012 itu, mobil ini memang didesain khusus menyambut perlombaan di Australia. Lomba dengan tema "World Solar Challenge Australia" itu akan digelar pada 18-25 Oktober.

"Nanti lombanya adalah kami diberi waktu menempuh jarak tiga ribu kilometer dari pukul 08.00 WITA hingga 15.00 WITA. Jadi kami me-manage tenaga supaya bisa berjalan sejauh itu dari Darwin hingga Adelaide," jelas dia.

Lomba itu akan menentukan siapa yang finish paling cepat dengan bahan bakar seirit dan se-efisien mungkin.

"Mobil ini memiliki penyimpanan baterai sebanyak 15 KW yang cukup untuk menempuh jarak 700 kilometer," tutur Dian.

Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti), M Nasir, telah melakukan pelepasan mobil yang diberi nama Widya Wahana V. Mereka akan ikut World Solar Challenge pada Oktober mendatang di Australia.

Diketahui, dengan motor listrik berkuatan 12x2 kilo Watt, Widya Wahana V dapat melaju hingga kecepatan maksimal 150 kilometer per jam, dengan jarak tempuh 700 kilometer untuk satu kali pengisian.

Jalan Raya Ini Bisa Isi Daya Mobil Listrik

Berbeda dari generasi sebelumnya, Widya Wahana V dapat menampung dua orang. Bodi mobil tersebut terbuat dari serat karbon, dengan panel surya yang ditunjang baterai lithium-ion 97,2 Volt DC berkapasitas 15 kilo Watt Hours (kWH). (ase)

Kejaksaan Agung. (Foto ilustrasi).

Pengusaha Ini Didakwa Bersama Dahlan Iskan

Ia didakwa melakukan korupsi dalam pembuatan mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2015