Di Kota Ini Internetnya Lebih Kencang dari Google

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVA.co.id - Layanan internet cepat sudah diperkenalkan perusahaan besar seperti Google. Dalam layanan internet kencang, Google punya produk yang bernama Google Fiber. Akses Google Fiber awalnya menawarkan kecepatan transfer data 1 GB per detik namun kemudian Google ingin menaikkan cita-citanya kecepatannya menjadi 10 GB per detik.

Tapi ada layanan internet yang menjanjikan lebih cepat dari Google Fiber. Layanan itu disediakan oleh Chattanooga Electric Power Board, sebuah badan penyedia jaringan daya di Chattanooga, salah satu kota di negara bagian Tennessee.

Layanan Chattanooga Electric Power Board dilaporkan sudah menawarkan internet dengan kecepatan 10 GB per detik sejak 2008, lima tahun sebelum Google memperkenalkan Google Fiber di Kansas City, AS.

Dikutip Wired, Jumat, 16 Oktober 2015, kecepatan internet yang disediakan Chattanooga Electric Power Board dikatakan hampir seribu kali lebih cepat dari rata-rata koneksi internet cepat di AS. Layanan Chattanooga Electric Power Board juga tersedia untuk setiap entitas bisnis dan rumahan di Chattanooga dengan biaya langganan US$300 sebulan.

Layanan yang disediakan Chattanooga itu memang menjadi momok bagi perusahaan penyedia layanan internet komersial. Para penyedia komersial sangat 'membenci' layanan internet Chattanooga Electric Power Board, yang disokong oleh dana pemerintah kota.

Kecepatan Perdagangan Online di Bursa Ditingkatkan

Oleh karena itu penyedia internet komersial dikabarkan berusaha mengagalkan ekspansi layanan internet Chattanooga di beberapa negara bagian.

Misalnya Comcast, salah satu penyedia layanan internet komersial itu sudah pernah mencoba menggugat layanan Chattanooga Electric Power Board pada 2008. Gugatan Comcast itu bertujuan untuk memotong sokongan data dari pemerintah. Namun upaya Comcast itu dilaporkan gagal alias tak sukses.

Gagal menghentikan laju Chattanooga Electric Power Board, tak membuat penyedia internet komersil itu kapok. Comcast pun mencoba menghadang penetrasi layanan Chattanooga, dengan bersaing langsung.

Comcast pada awal tahun ini mengumumkan akan menjual layanan terbarunya di wilayah Chattanooga. Layanan Comcast itu menawarkan kecepatan internet 2 GB per detik dengan biaya Us$300 sebulan.

Para penyedia internet komersial di AS ini sedang mendapatkan tantangan dari program internet cepat yang disokong pemerintah kota negara bagian. Penyedia internet cepat kota kini sedang membesarkan harapan nasional untuk layanan internet yang baik. Hal ini tentu memaksa penyedia layanan internet komersil meningkatkan infrastruktur mereka untuk tetap bisa bersaing.

Netflix Datang Menghibur, Tapi Indonesia Dapat Apa?
Danny Januar

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Tiga desa itu akan dikawal oleh startup

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016