Mengulik Kemunculan 'Friday 13th', Hari yang Dianggap Sial

Friday 13th
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Berbicara mengenai Friday 13th atau yang dikenal dengan hari Jumat tanggal 13, sering kali dianggap hari sial bagi sebagian orang. Sebab, pada hari tersebut diyakini akan mengundang banyak keburukan.

Terutama bagi yang mengidap triskaidekaphobic atau orang yang takut pada bilangan 13. Lantas, bagaimana hari buruk Jumat 13 itu bisa mencul?

Tahun ini, hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 ada tiga kali. Tercatat di bulan Februari, Maret, dan November. Adanya tiga kali Jumat 13 ini terjadi juga pada tujuh tahun ke belakang, yakni pada 2009 dan 2012.

Tom Fernsler, seorang ilmuwan dari University of Delaware, Amerika Serikat mengungkapkan tentang kemunculan Jumat tanggal 13 dengan rasional.

Lima Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Kini

"Ini mungkin mengecewakan, tapi alasannya adalah, itu hanya cara kalender kita bekerja. Itu semua harus dilakukan dengan pola tanggal pada kalender kita," ujar dia dilansir Live Science, Senin, 16 November 2015.

Fernsler yang dikenal dengan Dr.13, karena mempelajari bilangan 13 selama beberapa dekade terakhir ini, menjelaskan soal kemunculan 'hari sial' tersebut. Misalnya pada tahun 2015 ini, tanggal 1 Januari jatuh pada hari Kamis. Apabila ditelusuri bulannya, maka bulan yang awalnya dimulai hari Kamis, terjadi di Januari dan Oktober.

Metode serupa dengan pola jumlah tanggal yang sama juga berlaku untuk bulan-bulan lainnya.

"Ketika hari Jumat tanggal 13 jatuh pada bulan Mei (terjadi tahun 2016), Juni, atau Agustus, itu satu-satunya yang Anda dapatkan tahun itu, karena tidak ada bulan lain di tahun yang sama memiliki pola tanggal yang sama dengan Mei, Juni, atau Agustus," ungkap Fernsler.

Artinya, ia menyakini bahwa setiap setahunnya, selalu ada hari Jumat tanggal 13, meski itu hanya berjumlah satu kali dalam satu tahunnya.

Sementara, bila ada dua Jumat tanggal 13, tanggal yang jatuh di bulan yang punya pola tanggal sama dengan satu bulannya. Seperti, bila ada Jumat tanggal 13 Januari, akan terjadi di Oktobernya. Hal yang serupa juga berlaku dari April dan Juli, serta September dan Desember.

"Menyenangkan bila Anda memiliki tiga Jumat 13 dalam satu tahun, seperti tahun 2015. Dalam kebanyakan kasus, hal ini terjadi bila Februari ada Jumat 13. Februari dan Maret punya pola yang sama di saat bukan tahun kabisat. Maret dan November selalu punya jumlah tanggal sama. Jadi, ada tiga Jumat 13 tahun ini," ucapnya.

Pada tahun 2012, Jumat tanggal 13 jatuh di bulan Januari dan tahun kabisat, sehingga memilik tambahan hari yang membuat April punyal tanggal 13 di hari Jumat. April dan Juli punya pola tanggal yang sama, sehingga di bulan tersebut memiliki Jumat 13.

"Sebelum tahun 2009, kami melihat Jumat 13 yang terjadi tiga kali itu pada tahun 1981, 1984, dan 1987. Kita akan mengalami lagi hal yang sama pada tahun 2037, 2040, dan 2043. Pada tahun 1984 dan 2040, Januari punya Jumat 13 dalam tahun kabisat, yang memaksa April dan Juli memiliki satu tanggal 13 di hari Jumat," tutur dia.

Lima Mitos Mengerikan yang Sebaiknya Jangan Dicoba
Ikan Vandellia cirrhosa yang diyakini sebagai candiru

Menguak Mitos Ikan Pemangsa Alat Kelamin

Di Amazon. Hidup ikan candiru.

img_title
VIVA.co.id
7 Januari 2016