Studi: Ekstrak Ganja Berpotensi Obati Penderita Epilepsi

Ilustrasi ganja.
Sumber :
  • REUTERS/Steve DiPaola

VIVA.co.id - Setelah studi hasil riset peneliti dari Cornell dan San Diedo University, Amerika Serikat (AS) menemukan ganja berfungsi untuk mengobati penderita obesitas atau kelebihan berat badan. Hasil mengejutkan selanjutnya dikeluarkan oleh para peneliti dari NYU Langone Medical Center dan University of California Benioff Children’s Hospital, AS.

Sudah Tiga Ladang Ganja Ditemukan TNI di Papua

Riset terbaru itu menunjukkan ekstrak ganja bisa berfungsi untuk mengurangi kejang pada anak yang menderita epilepsi.
 
Namun, para peneliti mengatakan, mereka masih melakukan riset lanjut mengenai keefektifan dan keamanan ekstrak ganja untuk digunakan sebagai obat.
 
Dilansir International Business Times, Rabu 9 Desember 2015, disebutkan ekstrak ganja yang biasa digunakan untuk mengurangi kejang karena epilepsi itu dinamakan dengan ‘Web Charlotte’. Dalam riset studi, peneliti melakukan dua uji coba perlakuan pada ratusan anak.
 
Para orang tua penderita epilepsi dari belahan dunia yang mengetahui riset itu kemudian berbondong-bondong membawa buah hati mereka ke Colorado, tempat peneliti melakukan riset.
 
Pada uji coba pertama, sebanyak 261 anak menderita epilepsi parah ditetesi cairan cannabidiol (CBD) setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, setelah tiga bulan, 45 persen didapati kejangnya berkurang, namun lima persen mengalami diare dan 12 persen pasien memutuskan untuk berhenti di tengah jalan, meskipun mereka merasa tak ada perubahan pada anak mereka.
 
Pada percobaan pertama, ratusan pasien tetap mengkonsumsi obat antikejang.
 
Selanjutnya, pada studi kedua yang melibatkan 25 anak menderita epilepsi parah. Mereka ditetesi cairan CBD dalam jangka waktu satu tahun. Hasilnya, 10 pasien menunjukkan kejangnya berkurang 50 persen. Kemudian 12 pasien memutuskan untuk berhenti sedangkan salah satu pasien berhenti karena kejangnya menjadi lebih sering.
 
Hasil studi tersebut dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Epilepsy Society di Philadelphia belum lama ini.

 Ilustrasi/Daun ganja

Beli Bibit Via Online, Setahun Sukses Berkebun Ganja

Polisi menyita satu kilogram ganja yang baru dipanen.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016