VIDEO: Detik-detik Astronaut Scott Kelly Mendarat di Bumi

Astronaut Scott Kelly
Sumber :
  • Youtube/NASA TV

VIVA.co.id –  Akhirnya tiga astronaut dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) berhasil mendarat di permukaan bumi. Tiga astronaut tersebut yaitu satu astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Scott Kelly serta dua Badan Antariksa Rusia Roscosmos, yakni Mikhail Kornienko dan Sergey Volkovcosmon.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Ketiganya mendarat sesuai titik yang ditentukan di Kazakhstan pada pukul 11.45 waktu setempat.

Pendaratan yang berhasil itu disambut oleh pengguna internet dan penikmat antariksa.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

"Dan mendarat, selamat datang kembali @StationCDRKelly, akhirnya kembali ke bumi setelah menghabiskan #YearInSpace," tulis akun Twitter @NASA, Rabu 2 Maret 2016.

Pendaratan tersebut sangat bersejarah terutama bagi Scott Kelly, yang mana secara total telah menghabiskan waktu 340 hari di ISS. Pendaratan tersebut sesuai yang dijadwalkan. Proses pendaratan memakan waktu kurang lebih satu jam. Mulai dari proses Deorbit Burn, masuk ke wilayah atmosfer, kemudian membuka parasut dalam kapsul yang berisi para astronaut sampai akhirnya mendarat di daratan.

Kiamat Terjadi 2 Tahun Lagi

Dalam pantauan live streaming NASA TV, begitu mendarat ketiga astronaut itu disambut bak pahlawan. Kapsul mereka langsung dikerubungi oleh para petugas yang mengangkat mereka dari dalam kapsul. Kemudian setelah dikeluarkan dari dalam kapsul, ketiganya digotong dan didudukkan di dekat lokasi.

Saat dikeluarkan dari dalam kapsul, Kelly langsung mengangkat tangan kanannya kepada orang yang ada di sekitar kapsul.

"@StationCDRKelly senang kembali ke bumi setelah menyelesaikan misi #YeatInSpace di @Space_Station," tulis akun Twitter @NASA.

Banyak media yang sudah menunggu momen bersejarah ini. Begitu ketiganya diistirahatkan, media langsung menyambut untuk menanyakan bagaimana pengalaman mereka. Bahan beberapa di antaranya antusias untuk berfoto selfie dengan ketiganya, khususnya Kelly. Sedangkan kapsul ketiganya juga tak luput dari perhatian. Beberapa petugas memfoto kapsul.

Diberitakan sebelumnya, secara total, Kelly telah hidup di antariksa selama 520 hari dari empat misi yang dijalankannya. Dari misi terakhir ini, dia telah memecahkan rekor, hidup di antariksa selama 340 hari. Misi yang dijalani Kelly bertajuk Year in Space, merupakan yang terlama yang Kelly lalui bertugas dalam kondisi nol gravitasi.

Kelly meluncur ke ISS bersama Kornienko dengan menggunakan pesawat ulak alik dari Baikonur, Kazakhstan pada 28 Maret 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya