Obama Sambut Astronaut Kelly dengan Bir

Astronot Scott Kelly saat mendarat di kota tempat tinggalnya, Houston, Amerika Serikat.
Sumber :
  • Twitter/@StationCDRKelly

VIVA.co.id – Astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Scott Kelly akhirnya berkumpul bersama keluarganya, setelah hampir setahun menjalankan misi di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Kelly tiba di kota tinggalnya di Houston, Amerika Serikat dan langsung disambut oleh keluarga dengan hangat. Turut menyambut kepulangan pria usia 52 tahun itu adalah pacar dan saudara kembarnya, Mark Kelly, mantan astronaut NASA serta kakak iparnya.

Selain keluarga, pejabat juga menyambut Kelly saat tiba di kotanya. Pejabat itu adalah Istri Wakil Presiden, Jill Biden dan mantan senator Partai Republik dari daerah pemilihan Arizona, Gabrielle Gifford.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Dikutip dari ABC News, Kamis 3 Maret 2016. Saat tiba dan berkumpul dengan keluarganya, Kelly tak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Ia mengaku sangat luar biasa bisa kembali ke Bumi dan berkumpul bersama keluarga serta temannya.

Tak lupa, Kelly juga menyampaikan bahwa misi nyaris setahun di antariksa adalah keberhasilan semua tim.

Hidup Astronot Terancam

"Saya ingin mengatakan ini bukan penerbangan saya. Mereka telah bicara tentang tahun saya di antariksa, itu bukan percapaian saya. Itu adalah prestasi NASA dan pencapaian negeri kita," ujar Kelly.

Dalam penyambutan tersebut, istri wapres AS pun menyampaikan salam dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama, serta suaminya, Joe Biden dan semua warga Amerika Serikat.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas tahun di antariksa dan Anda benar-benar inspirasi bagi kita semua," kata Jill Biden.

Menutup penyambutannya, istri wapres AS itu mengaku tak bisa memberikan banyak kado untuk Kelly. Ia mengaku hanya membawa beberapa bir dan kue tar apel.

"Saya membawa beberapa bir dan kue tar apel, tak ada lainnya dari warga AS selain ini. Bir tersebut dari Presiden. Dan kue tar apel dari warga AS. Kami menerima Anda, selamat datang kembali," kata Jill Biden.

Sebelumnya, Presiden Obama sudah menyambut kembalinya Kelly ke Bumi melalui postingan di Twitter. Orang nomor satu AS itu menuliskan misi yang dijalani Kelly sangat penting basi perjalanan antariksa rakyat AS di masa depan.

Obama juga menyempatkan untuk menelepon langsung Kelly guna mengucapkan selamat telah kembali ke Bumi.

Diberitakan sebelumnya, secara total, Kelly telah hidup di antariksa selama 520 hari dari empat misi yang dijalankannya. Dari misi terakhir ini, dia telah memecahkan rekor hidup di antariksa selama 340 hari.

Misi yang dijalani Kelly bertajuk Year in Space, merupakan yang terlama yang Kelly lalui bertugas dalam kondisi nol gravitasi.

Kelly meluncur ke ISS bersama Kornienko dengan menggunakan pesawat ulang alik dari Baikonur, Kazakhstan pada 28 Maret 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya