Remaja Indonesia Makin Minati Kompetisi Ilmiah

Remaja Indonesia meraih emas dalam lomba karya ilmiah di Malaysia (ilustrasi)
Sumber :

VIVA.co.id – Tahun ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang ke- 48 dan National Young Inventor Award (NYIA) yang ke-9.
 
Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono, mengatakan para pemenang dari kalangan palajar remaja tersebut akan dikompetisikan ke ajang yang lebih tinggi, yaitu Intel International Science and Engineering Fair (IISEF) di Amerika Serikat yang didukung oleh Intel Indonesia. Pemenang LKIR itu juga akan akan mengunjungi sains ke Edinburgh International Science, festival di Inggris yang didukung oleh British Council.

LIPI Ingin Berikan Gelar Seperti Perguruan Tinggi

Kemudian, untuk pemenang NYIA akan berlaga di International Exibition for Young Inventors (IEYI) di Hongkong dan Asean Student Science Project Competition di Thailand.

“Kegiatan kompetisi ilmiah seperti LKIR dan NYIA ini, dengan harapan mereka (pelajar), bisa berpikir kritis, tumbuh menjadi peneliti yang andal dan mampu menjadi motor pembangunan bangsa,” ujar Siti di Gedung LIPI, Jakarta, Senin 7 Maret 2016.
 
Siti menjelaskan, hasil penelitian dari para peneliti muda nantinya akan dibagi menjadi beberapa kategori yakni bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Teknik dan Informatika (IPT), dan Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim (IPK).
 
“Proposal yang terdaftar di LIPI selanjutnya akan melewati proses seleksi, pembinaan oleh peneliti LIPI, eksebisi dan penjurian serta pemilihan karya terbaik,” jelas Siti.
 
Sementara Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Laksana Tri Hardoko, mengatakan pada tahun ini, jumlah proposal yang diajukan peserta naik sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu, dari 1.700 usulan menjadi 2.041 usulan.
 
“Ini merupakan tren positif dalam perkembangan minat penelitian di kalangan remaja. Tahun ini, kami targetkan ada 2.000 proposal LKIR dan 800 usulan karya desain dan prototype,” ujar Handoko, yang juga ketua dewan juri kompetisi ilmiah LIPI.
 
Sementara untuk pendaftaran, LKIR paling lambat 1 April 2016, dan 11 Juli 2016 untuk NYIA. Kompetisi akan diselenggarakan pada 22-26 Agustus 2016, pendaftaran dilakukan melalui website LIPI, www.infokompetisi.lipi.go.id.

Gerhana Matahari Total, LIPI Teliti Perilaku Hewan
LIPI membahas bahaya radiasi elektromagntik perangkat elektronik

Bahaya Radiasi Produk Elektronik, Ini Solusi LIPI

Pemerintah didorong buat aturan uji elektromagnetik.

img_title
VIVA.co.id
1 Juni 2016