Ultah Saat Gerhana Matahari Total, Remaja Ini Girang

Putri Sabila, berulang tahun tepat saat Gerhana Matahari Total 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Rasa gembira menaungi Putri Sabila. Betapa tidak, ia akan merayakan ulang tahun seiring berlangsunnya Gerhana Matahari Total (GMT) besok Rabu, 9 Maret 2016. Makin menarik, karena Putri akan merayakan usianya yang ke-16 di kota kelahirannya, Palembang. Ibu kota Sumatera Selatan itu akan menjadi salah satu area yang dilintasi GMT di antara berbagai wilayah di Indonesia.

Gerhana Matahari Total Indonesia Buktikan Teori Einstein

"Senang Alhamdulillah ulang tahun bisa bersamaan dengan Gerhana Matahari Total besok. Ini luar biasa, soalnya ini bisa jadi pertama untuk seumur hidup," ujar Putri dengan wajah sumringah ditemui VIVA.co.id di Gedung Graha Teknologi Sriwijaya, Palembang, Selasa 8 Maret 2016.

Pada awalnya, saat mengetahui kabar GMT berlangsung di kotanya di berita dan internet, Putri sempat dilarang oleh orang tuanya. Namun pada akhirnya, ia bisa menyakinkan kalau fenomena alam itu bisa dinikmati secara aman.

Takbir dan Haru Saat Gerhana Matahari Total

"Besok bekalnya dengan kacamata, perasaan, dan mental. Karena awalnya, mamah ngelarang, ngapain ngeliat gerhana, mending di rumah saja. Tapi akhirnya tidak apa-apa, keluarga juga besok datang ke Jembatan Ampera (nonton GMT)," tutur Putri yang bersekolah di SMA Pusri, Palembang.

Pada hari ini, Putri bersama teman-temannya tengah diajarkan cara membuat kacamata khusus gerhana yang dapat menangkal efek dari ultraviolet. Bahan-bahan dari kacamata tersebut disediakan oleh panitia Workshop Gerhana Matahari Total (GMT) 2016.

Gerhana Matahari Total, Twitter 'Dibanjiri' 510 Ribu Kicauan

"Besok, saya dan teman-teman berangkat dari sekolah jam enam, terus langsung ke Jembatan Ampera. Menonton gerhana akan menjadi pengalaman luar biasa," ungkap dara cantik berjilbab ini.

Gerhana Matahari Total 2016 di Perairan Belitung

9 Temuan Penting Lapan Saat Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total terjadi pada 9 Maret 2016.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2016