Diumumkan, Aplikasi Nasional 'Pesaing' WhatsApp dan Facebook

Menkominfo Rudiantara
Sumber :
  • Viva.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan Kamis sore, 17 Maret 2016, akan diumumkannya layanan Over-the-Top (OTT) lokal yang didukung pemerintah dan Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Smart City Bukan Soal Banyak Aplikasi Tapi Solusi

Ketiga perusahaan teknologi yang dimaksud, yaitu Qlue, Catfiz, dan Sebangsa. Mereka akan dinobatkan sebagai OTT Nasional untuk mengimbangi agresifnya OTT internasional yang sudah 'berkuasa' di Indonesia, seperti Google, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lainnya.

"Kita akan dorong OTT nasional. Sore ini, kita akan umumkan OTT tersebut yang didukung oleh operator dan pemerintah sebagai OTT nasional," ujar Rudiantara di Ballroom, Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis, 17 Maret 2016.

Pesan Ustaz Secara Online Resmi Diluncurkan

Pria yang disapa akrab Chief RA ini menjelaskan, ketiga OTT nasional tersebut akan terus didorong untuk meningkatkan jumlah popularitas dan penggunanya di dalam negeri. Bahkan, Rudiantara akan berperan sebagai admin media sosial di Kabinet Kerja yang berada di bawah pemerintah Presiden Jokowi.

"OTT internasional akan kita manage dan OTT nasional kita dorong. Saya merupakan admin di kabinet (kerja). Nanti saya minta para menteri untuk menggunakan OTT nasional ini," ungkapnya.

Kentongan, Aplikasi Unik untuk Pak RT

Diinformasikan, Qlue merupakan aplikasi yang berperan sebagai wadah keluhan warga Jakarta. Bentuk Qlue menyerupai jejaring sosial. Begitu juga dengan Sebangsa yang merupakan media sosial lokal yang dibentuk dan dipimpin oleh Enda Nasution, yang dikenal sebagai sosok blogger. Sementara Catfiz ialah aplikasi pesan instan buatan lokal yang dibuat oleh pengembang aplikasi asal Surabaya, PT Dunia Catfish Kreatif Media.

Berdasarkan undangan yang diterima kepada VIVA.co.id, ATSI akan memperkenalkan Qlue, Sebangsa, dan Catfiz sebagai OTT Nasional di Kantor Telkomsel, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Dijadwalkan Rudiantara bersama dengan Chief Executive Officer (CEO) berbagai operator akan turut hadir untuk meresmikan OTT Nasional.

Penyidik KPK. (Foto ilustrasi).

OTT di Langkat, 11 Kepala Sekolah Ditahan

Barang bukti yang diamankan berupa dokumen dan uang tunai.

img_title
VIVA.co.id
15 Agustus 2018