Enkripsi WhatsApp Bisa Aktif Secara Mudah

Pendiri WhatsApp, Jan Koum.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – WhatsApp telah mengumumkan secara resmi layanan pada platform mereka akan dilundungi oleh enkripsi end to end. Dalam pengumumannya di blog perusahaan, pendiri WhatsApp, Jan Koum dan Brian Acton menuliskan layanan yang terenkripsi pada WhatsApp mengusung gagasan yang sederhana. Yaitu pengguna mengirimkan pesan, dan hanya orang tertentu yang bisa membaca pesan percakapan grup atau personal yang telah dikirimkan.

Bakal Ada Sesuatu dari WhatsApp, Biar Pemakainya Merasa Aman

Kedua pendiri itu juga menegaskan, pengguna WhatsApp tak perlu repot melakukan instalasi agar bisa mendapatkan enkripsi. Sebab dikatakan, layanan keamanan komunikasi itu telah bisa berjalan secara default (standar).

"Perlu Anda ketahui pesan terenkripsi end to end hanya dapat dibaca oleh penerima yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan versi (WhatsApp) terbaru, Anda tidak perlu melakukan sesuatu untuk mengenkripsi pesan Anda. Enkripsi end to end diaktifkan secara default dan sepanjang waktu," kata keduanya.

Bahaya, Perusahaan Israel Ini Bobol WhatsApp Jurnalis Seluruh Dunia

WhatsApp mengatakan saat terenkripsi secara end-to-end, maka pesan-pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, dan panggilan yang dilakukan pengguna diamankan dari kemungkinan jatuh ke tangan yang salah.

Dalam keterangan detail terkait enkripsi, WhatsApp menegaskan hanya pengguna dan orang yang berkomunikasi saja yang bisa membaca apa yang telah dikirimkan, bahkan WhatsApp pun tidak bisa membaca konten terenkripsi tersebut.

WhatsApp Punya Teknologi Agar Pesan Gak 'Diintip' Orang Lain

"Banyak aplikasi perpesanan lain hanya mengenkripsikan pesan-pesan antara Anda dan mereka, tetapi enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca apa yang telah dikirimkan, dan tidak ada orang lain di antara Anda, bahkan WhatsApp," tulis aplikasi messaging milik Facebook tersebut.

WhatsApp mengungkapkan layanan yang privat dan aman hadir berkat sebuah kunci dan hanya penerima dan pengguna saja yang memiliki kunci spesial yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan pengguna.

"Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang Anda kirimkan memiliki kunci yang unik. Semua hal ini terjadi secara otomatis, tidak perlu mengaktifkan pengaturan tertentu atau menyiapkan sebuah chat spesial yang bersifat rahasia untuk mengamankan pesan-pesan Anda," tulis WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya