Ini Kecanggihan Drone Telkomsel Jelajahi Langit Nusantara

Vice President Marketing Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id –  Telkomsel mencoba membuktikan kualitas jaringan broadband-nya melalui dua buah drone yang diterbangkan dari dua ujung Indonesia, yakni sisi barat di Sabang dan sisi timur melalui Merauke. Penerbangan pesawat nirawak yang dinamakan Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) tersebut mulai diterbangkan selama 30 hari penuh, terhitung 14 April hingga 14 Mei 2016.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Vice President Marketing Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana mengatakan, kedua drone berjenis Unmanned Aerial Vehicle (UAV) itu akan mengelilingi 50 kota di Indonesia dengan total jarak penerbangan mencapai 8.500 kilometer. Untuk drone yang diterbangkan dari Sabang dinamakan Elang Barat dan drone yang berangkat dari Merauke diberi nama Elang Timur. Keduanya memiliki bentangan sayap 2,5 meter.

"Nanti setelah sebulan terbang menjelajah angkasa nusantara, pada tanggal 14 Mei 2016, kedua drone akan bertemu di GWK (Garuda Wisnu Kencana, Bali). Kalau berjalan sukses lancar, itu prestasi. Karena penerbangan selalu mendapat hambatan soal cuaca," ucapnya ditemui VIVA.co.id di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis 14 April 2016.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Soal kecanggihan drone tersebut, Nirwan menjelaskan, Elang Barat maupun Elang Timur akan terbang dengan kecepatan 70 kilometer per jam di atas ketinggian 100-150 meter dari permukaan darat. Kedua pesawat nirawak tersebut akan dikendalikan oleh tim internet Telkomsel. Dengan kata lain, perjalanan drone itu akan selalu dimonitor.

"(Drone) tidak terbang setiap waktu, malamnya tidak. Drone hanya terbang siang hari pada pukul 10.00-15.00 WIB dan itu bisa disaksikan langsung secara streaming, sehingga keindahan alam Indonesia akan terlihat jelas. Itu akan menjadi pengalaman pengguna," ucapnya.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Untuk live streaming tersebut dapat dinikmati pada portal www.telkomsel.com/elangnusa. Telkomsel lebih memilih live streming bisa dinikmati melalui website ketimbang aplikasi, Alasannya, Nirwan mengatakan, guna pelanggan di luar Telkomsel dapat merasakannya juga.

"Untuk pelanggan Telkomsel akan mendapatkan free 1 GB bagi pelanggan prepaid. Sementara itu, postpaid akan free 1,5 GB untuk mengakses streaming Elang Nusa," kata dia.

Dijadwalkan, Elang Barat memulai perjalanan dari Sabang yang kemudian ke Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta, dan Malang. Sementara itu, Elang Timur berangkat dari Merauke bergerak ke Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya