Tiga Hal Ini Bisa Musnahkan Manusia Lima Tahun ke Depan

Bencana alam.
Sumber :
  • http://boombastis.com

VIVA.co.id – Peradaban manusia kini semakin terancam. Sebuah laporan menyebutkan jika manusia bisa musnah dalam kurun lima tahun ke depan jika beberapa potensi bencana tidak bisa diatasi.

Lima Penyakit Mematikan Ini Menyebar dan Tak Terkendali

Bencana-bencana global yang dimaksud bisa menimbulkan kiamat bagi manusia adalah akibat dari perubahan iklim, pandemi alam, dan perang nuklir. Demikian menurut laporan dari Global Challenges Foundation yang bertajuk Global Catastrophic Risk 2016.

Dilansir melalui Daily Mail, Jumat, 29 April 2016, risiko tersebut merupakan yang terburuk yang harus segera diantisipasi oleh para penguasa dunia. Beberapa risiko lainnya yang termasuk dalam bencana penyebab kiamat adalah senjata biologis (virus buatan manusia), kesalahan geologis, dan juga ancaman dari dunia teknologi, khususnya rekayasa intelektual atau penciptaan robot.

Gagasan Jam Kiamat Dikritik Keras

Laporan tersebut menunjukkan jika seseorang berisiko lima kali lipat lebih besar mengalami kiamat dan musnah dalam waktu dekat. Dari bencana-bencana tersebut, setidaknya mampu mematikan 10 persen dari total populasi global, atau sekitar 740 juta orang.

"Saya harap publikasi ini bisa memperdalam pemahaman bagi penguasa untuk bisa mengembangkan lebih baik lagi cara untuk mengatasi resiko tersebut. Artinya, pengambilan keputusan mengatasi ancaman itu akan bisa dilakukan oleh lebih banyak organisasi dunia, ketimbang hanya satu atau dua," ujar Laszlo Szobatfalvy, pendiri Global Challenges Foundation.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Ditegaskan Direktur Global Priorities Project, Sebastian Farquhar, siapapun tidak ingin bencana ini terjadi dalam waktu cepat, namun hal ini juga tidak bisa dihindari. Bencana memang kerap terjadi, seperti pandemi flu Spanyol yang terjadi di awal abad ini dan membunuh lima persen populasi dunia.

Demikian juga dengan nuklir, yang secara tidak langsung mengajarkan betapa teknologi berpotensi untuk meningkatkan risiko, sekaligus menguranginya.

"Kita harus membangun komunitas global untuk menanggulangi risiko bencana tersebut. Kerja sama hanyalah satu-satunya cara dari para penguasa dunia untuk mengantisipasi kiamat ini, yang kemungkinan bisa memusnahkan manusia dalam kurun lima tahun ke depan jika tidak ditanggulangi," ujar Farquhar.

Dalam laporan tersebut, secara lengkap menunjukkan jika pandemi alam, perang nuklir dan pandemi buatan merupakan bencana yang masuk kategori menakutkan dan berpotensi muncul dalam waktu dekat. Sedangkan di bawahnya ada bencana akibat perubahan iklim, bencana yang ditimbulkan oleh robot, dan kesalahan geologis akibat manusia.

Selain itu, dampak asteroid dan erupsi gunung merapi merupakan bencana yang juga harus diantisipasi, meski urgensinya tidak terlalu tinggi dibanding lainnya. Kategori paling bawah adalah risiko-risiko yang belum diketahui, namun berpotensi terjadi di masa mendatang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya