Sukses, Transplantasi Kelamin Pria Pertama di AS

Thomas Manning
Sumber :
  • www.time.com/Massachusetts General Hospital

VIVA.co.id – Seorang pria penderita kanker di Amerika Serikat, Thomas Manning, akhirnya bisa bernapas lega. Sebab, ia berhasil menjalani transplantasi alat vital. Keberhasilan transplantasi alat kelamin itu tercatat yang pertama di Amerika Serikat.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Keberhasilan itu dikonfirmasi oleh rumah sakit Massachusetts General Hospital, AS. Rumah sakit tersebut sukses menjalankan operasi alat vital yang berjalan 15 jam.

Dikutip dari Time, Senin, 16 Mei 2016, Manner mendapatkan bahan alat vital dari pendonor. Keberhasilan ini menjadi kabar bahagia bagi Manner, sebab diketahui selama berjuang melawan kanker pada kelaminnya, pria usai 64 tahun itu terpaksa menghilangkan .

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Dokter yang memimpin tim operasi transplantasi Manner, Curtis Cutrelo mengatakan Manner dalam beberapa pekan ke depan akan bisa mengeluarkan urine secara normal, dan dalam beberapa pekan sampai sebulan, fungsi seksual akan mungkin kembali normal.

Keberhasilan transplantasi alat vital Manner itu bukan yang pertama di dunia. Tercatat, transplantasi kelamin pertama dilakukan oleh peneliti University of Stellenbosch di Afrika Selatan pada Desember 2014. Universitas itu melakukan transplantasi pasien pria usai 21 tahun.

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

Operasi transplantasi berjalan selama sembilan jam dan untungnya kembali memulihkan semua fungsi organ yang ditranplantasikan. Tapi universitas itu baru mengumumkan transplantasi kepada publik pada Maret 2015.

Satu dekade sebelumnya, memang sudah ada kasus transplantasi alat kelamin pria pria China. Operasi transplantasi pria China itu berjalan sukses.

Tapi dua pekan usai operasi, dokter mengatakan pria tersebut meminta para dokter untuk menghilangkan alat kelamin barunya. Alasannya, pria China itu mengalami problem psikologi dengan istrinya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya