Uang Elektronik, Kunci Terciptanya Kota Pintar

Layanan TCASH.
Sumber :
  • FOTO: Dok Telkomsel.

VIVA.co.id – Telkomsel memperluas layanannya uang elektronik, Tcash Tap dengan mengekspansi Kota Bandung. Seperti diketahui, Tcash Tap merupakan cara pembayaran baru yang menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC), sehingga bisa digunakan pada semua jenis ponsel.

Membangun IKN jadi 'Smart City'

Dengan menggandeng berbagai merchant, warga Kota Parahyangan itu dapat menikmati layanan uang digital guna mendukung program Bandung Kehadiran Tcash Tap, turut serta disaksikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai resminya Tcash digunakan di Bandung.

"Tcash memberikan kemudahan dan pengalaman unik kepada pelanggan dalam melakukan transaksi non tunai. Hadirnya layanan Tcash Tap di Bandung, diharapkan dapat diadopsi untuk mendukung gaya hidup masyarakat bertransaksi non tunai dan pemberdayaan masyarakat dengan layanan keuangan inklusif," ujar Direktur Planning dan Transformation Telkomsel, Edward Ying dalam siaran persnya, Selasa, 7 Juni 2016.

Menata Kota Jadi 'Smart City'

Selain itu, dikatakan Edward, adanya Tcash Tap di Bandung menjadi cara Telkomsel dalam mendukung terciptanya masyarakat non tunai (less-cash society) di Ibu Kota Jawa Barat ini. Sehingga, diharapkan mampu mengembangkan UKM lokal melalui layanan pembayaran elektronik.

Untuk tahap awal penggunaan Tcash di Bandung, Telkomsel bekerja sama dengan komunitas Daarut Tauhid dalam mengembangkan cash-less ecosystem di lingkungan pesantren/sekolah. Sebelumnya, telah dilakukan uji coba berupa pembayaran honor santri karya dan belanja para santri di lingkungan Daarut Tauhid menggunakan Tcash.

Kota Pintar juga Memperhatikan Kualitas Udara dalam Ruangan

Operator anak usah dari Telkom ini, menyakini ke depannya, layanan seperti Tcash ini berpotensi untuk dikembangkan di 3.000 pesantren di seluruh Indonesia.

"Kami berharap semakin banyak masyarakat Bandung yang menggunakan layanan digital untuk aktivitas sehari-hari, dan dimudahkan dalam membayar layanan-layanan publik dengan uang elektronik pada pengembangan selanjutnya. Tentunya, hal ini sejalan dengan upaya kami dalam membangun Bandung Smart City," ungkap Ridwan Kamil.

Aplikasi NFC pertama

Pada kesempatan itu juga, Telkomsel memperkenalkan aplikasi pembayaran berbasis NFC di T-Wallet untuk pengguna smartphone Android yang sudah memiliki fitur NFC. Inovasi itu menjadikan T-Wallet sebagai aplikasi pembayaran NFC pertama yang ada di Tanah Air.

Aplikasi T-Wallet sudah tersedia dan bisa diunduh melalui toko aplikasi di Google Play Store dan mengaktifkan fitur NFC Tcash Tap.

Adapun Tcash Tap dengan NFC, pertama kali diluncurkan Telkomsel di area Jabodetabek pada Oktober 2015, dan sekarang penggunanya lebih dari 500 ribu pengguna. Untuk memanfaatkannya, pengguna hanya mengaktifkan dan menempelkan sticker NFC Tcash di punggung ponsel, kemudian pengguna dapat melakukan tap ke mesin EDC untuk pembayaran non tunainya.

Disebutkan, Tcash Tap dapat digunakan lebih dari 80 merchant dengan lebih 6.000 outlet. Pemberdayaan Tcash ini juga menjadi solusi mekanisme penyaluran bantuan sosial non-tunai bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Dengan jumlah pengguna (Telkomsel) yang mencapai 153 juta pelanggan dan jaringan distribusi yang tersebar di lebih dari 400 ribu jaringan, hal ini diharapkan dapat mewujudkan percepatan inklusi layanan keuangan digital untuk semua masyarakat Indonesia," papar Edward.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya