Gandeng Telkom, PPDB Online DKI Kini Kian Lancar

Ilustrasi/Penerimaan mahasiswa baru
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Dinas Pendidikan DKI Jakarta akhirnya menggandeng PT. Telkom untuk menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA/SMK di DKI Jakarta. Hal itu dilakukan setelah situs pendaftaran online tersebut kerap error pada awal-awal masa pembukaan pendaftaran.

Lurah Benda Baru Ngamuk, Dua Siswa Titipannya Tak Lolos SMAN 3 Tangsel

"Mulai Sabtu kemarin, PPDB online telah berjalan lancar, dan sampai hari ini Senin sudah berjalan lancar," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI, Sopan Adrianto di Balaikota, Jakarta, Senin 20 Juni 2016.

Sebelum menggandeng , Sopan mengakui PPDB online dikelola secara mandiri oleh tim Dinas Pendidikan. Namun, karena kurangnya antisipasi dari besarnya animo masyarakat yang mendaftar, dia mengatakan server sistem akhinya tidak bisa menampung besarnya data yang masuk dan berujung error. Belum lagi, keamanan situs yang tidak begitu baik hingga akhirnya diretas peretas.

Kadisdik DKI Imbau Siswa Tak Lulus PPDB Zonasi Daftar Jalur Prestasi

"Sekarang sudah bekerja sama dengan Telkom, karena Telkom salah satu provider yang menyelenggarakan PPDB secara skala nasional. Jadi seluruh sistem bisa difasilitasi dengan baik dan mudah-mudahan akan berjalan lancar," kata Sopan.

Hingga hari ini, kata dia, tercatat sudah hampir 90 persen dari peserta didik yang mendaftar. Dinas Pendidikan masih akan membuka pendaftaran hingga Rabu, 23 Juni 2016.

Protes Ortu soal PPDB: Tahun Depan Seleksi Berat Badan Saja

"Sekarang tinggal sisa-sisanya, Insya Allah Selasa sudah clear," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya,  pada pekan lalu dibuka pendaftaran untuk calon siswa SMA di lingkungan DKI Jakarta secara online. Sayang, baru hari pertama, server PPDB Diknas langsung mengalami gangguan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi.

SMA Swasta di Jabar Masuk Daftar PPDB 2021

Penggabungan dalam satu PPDB ini diberlakukan sebagai bentuk penyamarataan pendidikan tingkat SMA dalam satu regulasi.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2021