Foto Pertama Wajah Planet Jupiter dari Jarak Dekat

Foto Planet Jupiter dan tiga bulan
Sumber :
  • NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS

VIVA.co.id – Akhirnya planet terbesar yang ada di Tata Surya, Jupiter bisa terlihat dengan jelas melalui jepretan kamera yang diambil dari pesawat antariksa Juno. Ini merupakan yang pertama kali diambil oleh pesawat milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) itu melalui instrumennya, JunoCam, usai berhasil memasuki orbit pada pekan lalu.

Dua Sosok Ini akan Pelukan Usai Salat Maghrib

Tak hanya Jupiter, Juno juga langsung menangkap beberapa sabuk awan dan ketiga bulan yang mengorbitnya, yakni Europa, Ganymede, dan Io. Susunan ini dikenal oleh para astronomi dengan sebutan Great Red Spot.

Seperti diberitakan Space, Rabu 13 Juli 2016, foto Jupiter dan satelit alaminya itu berhasil diambil oleh Juno pada Minggu 10 Juli 2016 sebagai tanda sambutan pesawat pengintai NASA itu sudah berada dalam wilayah Jupiter. Untuk mengambil wajah Jupiter dan sekitarnya, Juno memotretnya dari jarak 2,7 juta mil atau setara dengan 4,3 juta kilometer.

Momen Langka Planet Jupiter dan Saturnus Nyaris 'Ciuman', Senin Malam

"?Foto yang diambil dari JunoCam ini menunjukkan keberhasilan pertama usai melalui radiasi lingkungan Jupiter yang cukup ekstrem, yang mana hasilnya tanpa degradasi apa pun dan siap untuk mengambil (merekam) Jupiter," kata peneliti utama Juno dari Southwest Research Institute di San Antonio, Scott Bolton.

Bolton menyampaikan, NASA tak sabar untuk melihat pertama kali 'penampakan' kutub

Planet Jupiter dan Saturnus Jadi Anak Kembar

"JunoCam akan terus mengambil gambar sekitar keliling Jupiter setelah masuk orbit (Jupiter) pertama kalinya," kata peneliti lainnya Candy Hansen.

Diberitakan sebelumnya, perlu usaha besar dan kesabaran yang cukup panjang dalam menjalankan misi Juno ini mencapai orbit Jupiter. Juno harus melalui perjalanan antariksa selama lima tahun dan berhasil mencapainya pada 4 Juli 2016.

Misi yang menelan biaya US$1,1 miliar ini akan difokuskan untuk mempelajari medan magnet, gravitasi, komposisi gas dan struktur di Jupiter. Diperkirakan Juno akan melampaui batas misinya pada Februari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya