Kepala Lapan: Bumi Datar Itu Sains Semu, Abaikan Saja

Gambaran bumi itu datar
Sumber :
  • Creative Commons 1.0 Generic | Trekky0623

VIVA.co.id – Wacana muncul dan menjadi perbincangan pengguna internet.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Wacana Bumi datar itu memposisikan sebagai lawan dari gagasan Bumi bulat yang sudah lazim diyakini pada era ilmu pengetahuan. Munculnya blog tersebut pun mengundang komentar dan pembahasan.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menanggapi munculnya kembali gagasan

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Dalam laman Facebook-nya, jebolan astronomi jebolan Universitas Kyoto, Jepang itu menjelaskan pemahaman Bumi datar tergolong sains semu (pseudo science).

"Itu dikemas seolah-olah ilmiah, sesungguhnya tidak mempunyai dasar ilmiah sama sekali," tulis Thomas dalam akun Facebook-nya pada 13 Juli 2016.

5 Fakta yang Membungkam Mulut Besar Kaum Bumi Datar

Profesor riset Astronomi Astrofisika Lapan itu juga menyinggung isu Bumi datar dengan dasar dalil Al Quran. Menurutnya, pengaitan Bumi datar dengan dalil kitab suci itu merupakan hasil dari tafsir yang lama. Untuk itu, dia meminta gagasan Bumi datar diabaikan saja.

"Abaikan saja pemikiran Flat Earth tersebut. Kalau pun sempat membaca atau menyaksikan videonya, anggap saja sebagai hiburan seperti kita membaca atau menonton cerita fiksi. Tak perlu ditanggapi saja," tulis Thomas.

Ilustrasi sampah luar angkasa yang mengorbit Bumi.

Berapa Lama Lagi Bumi akan Bertahan?

Saat ini, Matahari adalah sumber gravitasi dan energi yang penting. Tapi, suatu hari nanti, Matahari akan menyebabkan kehancuran bagi Bumi. Bagaimana bisa?

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023