ITS Lombakan 2 Kapal Tenaga Matahari ke Jepang

Kapal pesiar Turanor Planet Solar (ilustrasi)
Sumber :
  • News.com.au

VIVA.co.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jawa Timur, mengirimkan 2 solar boat atau kapal bertenaga matahari. Kapal itu dikirim untuk bertanding dalam ajang Yanagawa Solar Boat Festival di Fukuoka Jepang, 6-7 Agustus 2016 mendatang.

Mahasiswa Brawijaya Buat Jelantah Jadi Pengharum Ruangan

Tim Batharasurya ITS mengirim dua kapal yang dinamakan Batharakala dan Triton. Rektor ITS, Joni Hermana, menjelaskan masing-masing kapal memiliki spesifikasi berbeda. Batharakala dirancang bergerak cepat, dan efisien menggunakan energi.

“Tapi sebenarnya yang kami prioritaskan dalam kapal ini adalah daya tahan bahan bakarnya karena panitia menilai dari penggunaan bahan bakar yang minim untuk menempuh jarak sejauh 10 kilometer,” kata Joni saat melakukan pelepasan tim tersebut di Surabaya, Kamis, 28 Juli 2016.

Anak Pemulung Ini Berpeluang Raih S2 di Singapura

Sedangkan, untuk Triton, sengaja dirancang bergerak secara lincah. Sebab, kapal itu ditargetkan meraih banyak poin dari kategori slalom (adu kecepatan melewati lintasan).

“Dalam kategori itu, kapal harus mampu bergerak lincah dan zig-zag, dengan tujuan menghindari rintangan di jalur yang lebih pendek,” ujar Joni.

Anak Pemulung Raih Skripsi Terbaik di Unnes
Sementara itu, Ketua Tim Batharasurya, Dwiko Hadianto, mengatakan kedua kapal ditargetkan mampu menembus posisi 3 besar. Alasannya, persiapan yang dilakukan tim menggunakan kedua kapal ini sudah cukup matang.
 
“Secara mental kami pun juga sudah siap, dan sejauh ini kapal itu sangat baik kondisinya, jadi kami sangat optimis mencapai target itu,” kata Dwiko.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya