Deretan Foto Hujan Meteor Perseid yang Diambil NASA

Ilustrasi penampakan hujan meteor.
Sumber :
  • NASA/Bill Ingalls

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) turut dalam pengamatan puncak fenomena hujan meteor Perseid pada pekan lalu. Dalam momen tersebut, divisi foto markas pusat NASA mengunggah beberapa gambar kualitas tinggi saat hujan meteor berlangsung.

Siap-siap, Hujan Tidak Biasa Akan Terjadi pada 3-4 Januari 2024

Hujan meteor Perseid merupakan fenomena tahunan. Fenomena alam hujan meteor itu terjadi setiap tahun mulai dari pertengahan Juli sampai akhir Agustus. Namun banyak pengamat dan peneliti memandang hujan meteor Perseid pada tahun ini cukup berbeda. Biasanya pada hujan meteor tahunan itu, hanya 80-120 meteor yang melintas per jam, tapi pada momen tahun ini dibilang punya lintasan meteor dua kali, 200-300 meteor per jam.     

Hujan meteor Perseid itu terjadi saat Bumi melalui debu dan puing-puing ribuan tahun dari komet berdiameter 26 kilometer, Swift-Tuttle. Komet ini tercatat mengorbit Matahari setiap 133.

Coming Soon! Fenomena Astronomi Hujan Meteor Pekan Ini

Berikut beberapa gambar yang dipotret NASA dari West Virginia, Amerika Serikatdikutip dari situs resmi badan tersebut: 

Penampakan hujan meteor Perseid

Fenomena Astronomi selama Agustus, dari Supermoon hingga Hujan Meteor

Penampakan hujan meteor Perseid

Penampakan hujan meteor Perseid

Ilustrasi hujan meteor.

Hujan Tak Biasa Bakal Terjadi Mulai Dini Hari

Hujan Meteor Quadrantid diharapkan mencapai puncaknya minggu ini, menampilkan potensi hingga 120 bintang jatuh per jam yang terlihat di langit malam.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024