Deretan Meme Lucu Soal Harga Rokok Naik

Meme tentang harga rokok naik.
Sumber :
  • Instagram/@putra_machena

VIVA.co.id – Polemik tentang wacana naiknya oleh pemerintah menjadi pembahasan hangat di masyarakat, pro dan kontra pun menyertainya. Kabar yang beredar, rokok dalam sebungkusnya akan dihargai sekitar Rp50 ribu dari semula hanya Rp20 ribu-an.

Terpopuler: Daftar Harga Rokok Terkini yang Naik 1 Januari 2024, Ketua BEM UGM Diteror

Meme-meme mengenai wacana kenaikan rokok itu pun bertebaran di media sosial dengan nada-nada humor menggeletik. Meme kocak ini bertebaran di Twitter dan Instagram.

Ada netizen yang membuat meme dengan nada politis, jika pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) resmi menaikkan, lebih baik tidak membeli rokok di warung Jokowi. Dalam meme tersebut tampil wajah Cak Lontong yang memperlihatkan sisi kalemnya.

Harga Rokok Naik Mulai 1 Januari 2024, AMTI: Bisa Picu Lebih Banyak Varian Rokok Murah dan Ilegal

Berbicara tentang rokok, maka takkan terlepas dengan korek atau pemantiknya. Bagi mereka yang perokok, pasti tahu akan istilah curanrek (pencurian korek). Istilah ini muncul bila ada orang yang meminjam korek tapi lupa mengembalikan pemantiknya saat pemilik korek akan merokok.

Harga Rokok Tinggi hingga Shifting Konsumsi Bisa Bikin Target Penerimaan CHT Tidak Tercapai

Meme soal pemantik ini pun menjadi bagian dari wacana naiknya harga rokok per bungkus. Dengan bertuliskan di badan korek "Curi? Dosa!", menjadi peringatan tegas bagi pelaku curanrek.

Dengan naiknya harga rokok, tentu itu akan mempengaruhi terhadap pengeluaran perokoknya. Dan, meme yang satu ini punya strategi 'usil' dalam menghemat rokok, yakni dengan mengisapnya satu batang rokok dibagi untuk pagi, siang, sore, dan malam.

Ada meme yang menceritakan tentang deretan bungkus rokok yang tengah dipajang di minimarket. Dengan tulisan tegas tanda pagar (tagar) #KamiTidakPanik, tetapi di bawahnya terdapat kalimat terusan yang bersuara "cuman agak kalang kabut aja..".

 

Udah sah ?? . . By @tvllankz . . #rokok #guyonanhumor

A photo posted by Follow Yuk ... (@guyonanhumor) on

Tagar serupa pun muncul di meme lainnya dengan latar belakang berbeda. Bila sebelumnya menampilkan di toko swalayan, maka yang satu ini memperlihatkan wajah orang tua yang tengah mengisap rokok. Tagar #KamiTidakPanik bagi orang tua tersebut karena mereka sering mengisap rokok dari buatannya sendiri dari kertas dan tembakau, bukan hasil membeli dari rokok buatan pabrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya