Terungkap, Fosil Reptil Terbang Berusia 200 Juta Tahun

Ilustrasi Ptesaurus
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk/Peer J

VIVA.co.id – Ilmuwan menemukan fosil hewan Ptesaurus, hewan ini merupakan jenis reptil terbang diperkirakan hidup pada era Mesozoic. Dilansir Dailymail, Rabu, 31 Agustus 2016, fosil Ptesaurus yang ditemukan di utara pusat Provinsi Chubut, Patagonia, Argentina, merupakan yang pertama kalinya.

Petani Temukan Hewan Purba Glyptodon Seukuran Mobil

Ilmuwan mengatakan, Ptesaurus diperkirakan berusia 200 juta tahun. Peneliti pun memberi nama spesies reptil terbang itu Allkauren koi. "Studi (penemuan) ini memberikan informasi baru tentang asal-usul dan jenis evolusi dalam kelompok reptil terbang,” ujar salah satu peneliti, Diego Pol.

Peneliti mengungkapkan, sesuatu yang istimewa dari penemuan terbaru ini adalah tidak ada kecacatan sedikit pun pada rangka otak Allkauren koi. Tempurung otak dalam keadaan utuh ini sangat memungkinkan bagi ilmuwan untuk meneliti anatomi otak si reptil terbang tersebut.

Surga Kuno Ada di Israel, Begini Wujudnya

Untuk meneliti anatomi tengkorak, peneliti menggunakan tomografi komputer untuk mengamati, serta bagian rongga tengkorak dan telinga bagian dalam tiga dimensi.

Menurut peneliti, Allkauren koi memiliki adaptasi yang luar biasa untuk terbang, termasuk tulang pneumatik untuk meringankan berat, dan jari yang memanjang mendukung sayap.

Ada Istana di Bawah Danau Turki, Umurnya Diduga 3000 Tahun
Benua Antartika.

Telur Reptil Purba Raksasa Ditemukan di Antartika

Ukurannya 11 inchi.

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2020