VIDEO: Gerhana Ganda Teramati NASA

Gerhana ganda yang tampak 1 September 2016
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Pada awal bulan ini, fenomena langka berhasil diamati pesawat pengamat Matahari Badan Antariksa Amerika, Solar Dynamics Observatory (SDO).  

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Pada 1 September lalu, selain terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) ternyata, SDO mengamati juga gerhana lain. Makanya pada tanggal tersebut, sebenarnya terjadi gerhana ganda. Fenomena dua gerhana ini terbilang langka.

Dikutip dari situs NASA, Selasa 6 September 2016, pada dini hari 1 September, SDO berhasil memotret saat Bumi dan Bulan melewati depan Matahari. Selama ini SDO secara konstan mengawasi Matahari. Dengan kondisi itu, maka pengamatan pesawat antariksa SDO sempat terhalang oleh Bumi.

Top Trending: Gerhana Matahari dalam Ramalan Jayabaya hingga Warga Salat Tarawih di Alfamart

NASA mengatakan, Bumi menutupi pengamatan SDO terhadap Matahari, pada saat yang sama Bulan juga sedang melintasi di depan Matahari. Dengan demikian, SDO mengalami dua gerhana pada momen tersebut.

Dari data SDO, terlihat saat bayang Bumi sudah hampir melintasi depan Matahari, terlihat sebagian bayang Bulan. Dari sini terdapat perbedaan bayangan Bumi dan Bulan. Terlihat bayangan Bumi cenderung lebih kabur sedangkan bayang Bulan lebih tajam dan berbeda.

Gerhana Matahari yang Terjadi 8 April Ternyata Masuk dalam Ramalan Jayabaya

Hal ini mengingat atmosfer Bumi menyerap cahaya Matahari sehingga menciptakan bayang yang kurang jelas. Sementara di sisi lain, Bulan tak punya atmosfer sehingga menghasilkan cakrawala yang terlihat lebih tajam.

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024