Bayi Robot, Solusi untuk Pasangan Tanpa Anak di Jepang

Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Departemen non otomotif Toyota, Jepang, menciptakan robot bayi mungil sebesar genggaman tangan, robot dengan kecerdasan buatan ini diberi nama Kirobo Mini.
 
Dilansir dari The Guardian, Selasa, 4 Oktober 2016, Kirobo Mini dibuat untuk pasangan suami istri yang susah mendapatkan anak. Diketahui, di Negeri Matahari Terbit, angka kelahiran anak sudah berkurang.
 
Kirobo Mini hadir dengan kemampuan kecerdasan buatan. Dilengkapi kamera, sehingga dapat mengenali wajah orang yang berbicara untuk merespons balik.
 
“Robot mini itu sedikit bergetar, dan robot ini dimaksudkan untuk meniru bayi duduk yang belajar untuk menyeimbangkan dirinya sendiri," kata Kepala Insinyur Desain Kirobo Mini, Fuminori Kataoka. 
 
Kataoka mengatakan, Toyota sengaja merancang robot mungil itu tak sepenuhnya bisa duduk dengan tujuan membangun kekuatan emosional antara si robot bayi dengan pemiliknya.
 
Toyota berencana untuk menjual Kirobo Mini, robot yang bisa mengedipkan mata dan berbicara dengan suara bernada tinggi seperti bayi, dengan harga US$390 atau Rp5,06 juta di Jepang pada tahun depan .
 
Selain itu, Toyota juga melengkapi robot mungil itu dengan sebuah ayunan yang fungsinya sebagai kursi bayi agar bisa ditaruh di mobil pemilik robot tersebut.
 
Kehadiran Kirobo Mini pada tahun depan akan berbarengan dengan hadirnya robot Paro. Robot Paro merupakan robot pendamping bagi penderita lansia yang sudah demensia. Paro dikembangkan oleh salah satu perusahaan di Jepang.

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp

(ase)

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps
Kalkulator menjalankan sistem operasi Windows 10 IoT

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Dilakukan oleh pengembang independen.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2019