Studi: Wanita Hamil Berjemur Lindungi Anak dari Hiperaktif

Ibu hamil sedang berjemur
Sumber :
  • birthologie.com

VIVA.co.id – Para peneliti dari University of Southern, Denmark, menyatakan berjemur bagi wanita hamil bisa mencegah anak lahir mengalami hiperaktif. Peneliti mengatakan, hal itu terbantu berkat vitamin D yang didapat dari sinar matahari.

5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam

Niels Bilenberg, salah satu peneliti, mengatakan vitamin D juga bisa dipasok oleh wanita hamil dari minyak ikan, kuning telur. Vitamin D dari bahan selain sinar matahari, kata peneliti, manfaatnya sama melindungi anak dari hiperaktif.

Bilenberg menjelaskan, untuk sampai pada kesimpulan tersebut, mereka melakukan studi dengan mengukur kadar vitamin D pada tali pusar wanita hamil. Kemudian para wanita hamil tersebut diminta menyelesaikan kuesioner tentang perilaku mereka saat usia kandungan enam bulan.

Kenali Bahayanya Wanita Hamil di Bawah Usia 21 Tahun

Hasil studi itu, peneliti menemukan, anak yang lahir dari ibu yang kecukupan vitamin D bersumber dari sinar matahari terhindar dari gangguan perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

“Trennya jelas, ibu-ibu yang telah ‘mengambil’ vitamin D (dari sinar matahari), dan tingkat vitamin dalam darah tali pusar mereka lebih dari 25 nmol/L, memiliki anak dengan skor ADHD lebih rendah,” ujar Bilenberg seperti dilansir Telegraph, Senin, 10 Oktober 2016.

Cek Fakta: Ganjar Sebut Sebagian Besar Wanita Indonesia Menderita Anemia

Bilenbert menuturkan, anak dengan hiperaktif juga bisa disebabkan oleh faktor usia ibu, perilaku merokok, meminum alkohol, obesitas dan lainnya.

Peneliti lainnya, Jens Banteng Aaby, menyatakan mereka pun terkejut jika penyebab gejala ADHD bisa diidentifikasi secara dini. Mereka menegaskan, perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah vitamin D bisa melindungi anak lahir dari hiperaktif.

Sebelumnya, telah ada penelitian yang menyebutkan vitamin D memainkan peran penting dalam perkembangan awal otak anak. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya