FOTO: Menghitung Hari Pesawat Eropa Mendarat di Mars

Ilustrasi pesawat pendarat Schiaparelli mendarat di Planet Mars.
Sumber :
  • www.exploration.esa.int

VIVA.co.id – Badan Antariksa Eropa (ESA) tinggal menghitung hari untuk mendaratkan pesawatnya di permukaan Planet Mars. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa itu sudah mengatur pendaratan pesawat Schiaparelli pada 19 Oktober nanti. Pendaratan ini merupakan bagian dari misi ExoMars yang telah diluncurkan dari Bumi pada 14 Maret 2016. 

Dikutip dari Space, Selasa, 11 Oktober 2016, misi ExoMars menghubungkan dua pesawat antariksa yaitu Trace Gas Orbiter dan Schiaparelli. Pesawat pertama bertugas untuk mengorbit Planet Merah sedangkan pesawat terakhir bertugas sebagai pesawat pendarat di Planet Mars. 

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

ESA mengatakan, sebelum misi pendaratan, nantinya kedua pesawat itu akan dipisahkan pada 16 Oktober, dan selanjutnya Schiaparelli akan mendarat di permukaan Planet Merah itu tiga hari kemudian. 

Dalam video ilustrasi yang dirilis, saat mulai mendarat ke atmosfer Mars, pesawat Schiaparelli bakal dilengkapi dengan 'baju' pelindung berbentuk aeroshell di bagian depan dan belakang pesawat. 

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Saat memasuki atmosfer Mars, Schiaparelli akan melaju dengan kecepatan 21 ribu kilometer per jam dan dalam enam menit untuk harus mengerem kecepatan untuk mencapai titik pendaratan.

Selain 'baju' pelindung, pesawat itu juga dipasangi sensor lereng, parasut khusus dan pendorong untuk mengendalikan pendaratan. 

Ilustrasi pesawat pendarat Schiaparelli mendarat di Planet Mars

Sensor lereng akan memantau dari ketinggian di atas permukaan Planet Mars mulai pada jarak tujuh kilometer. Saat pesawat pendarat itu berada dua meter di atas permukaan Mars, pesawat itu akan mengambang beberapa saat, menghentikan daya pendorong dan jatuh dengan mulus di permukaan.

Pesawat Schiaparelli bakal mendarat di area Meridiani Planum, yang dekat dengan ekuator Planet Mars. 

Begitu mendarat aman di permukaan, pesawat langsung menjalankan tugas mempelajari kecepatan angin, arah, kelembapan, tekanan, suhu udara dari Mars. Hasil pengukuran itu akan dikirimkan ke pengorbit Trace Gas Orbiter yang mengorbit Mars. 

Tujuan utama misi ini menjadi penting bagi misi selanjutnya ke Planet Mars, yaitu misi pencarian kehidupan di Planet Merah yang dijadwalkan pada 2018. 

Ilustrasi pesawat pendarat Schiaparelli mendarat di Planet Mars

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya