Ilmuwan Temukan Planet Kerdil Dekat Pluto

Ilustrasi permukaan planet Pluto yang dibuat dengan komputer
  • nationalgeographic.com

VIVA.co.id – Sebuah planet kecil ditemukan oleh para ilmuwan, terletak 8,5 miliar mil dari matahari. Posisinya berada di dalam tata surya, dekat dengan Pluto.

Gelombang Radio Aneh Ditemukan di Alam Semesta

Dilansir melalui Express.co.uk, planet tersebut diberi nama 2014 UZ224, ukurannya hanya 330 mil dan mengorbit matahari selama 1.100 tahun. Sebagai perbandingan, bulan terbesar yang mengorbit Pluto, dinamakan Charon, memiliki bentang ukuran 750 mil.

Planet baru itu ditemukan lewat sebuah perangkat canggih bernama Dark Energy Camera (DEC). Perangkat itu didesain untuk melacak ekspansi alam semesta di bawah energi gelap yang menaunginya. Ilmuwan percaya jika alam semesta berkembang secara konstan. Ini semua dikarenakan kehadiran energi gelap, yang bertindak sebagai lawan dari gravitasi.

5 Alasan Kemungkinan Alien Itu Benar-Benar Nyata Menurut Ahli

"Saat dipantau pertama kali, lalu kedua kali, objek di tata surya muncul di lokasi yang berbeda di langit," ujar David Gerdes, ilmuwan dari University of Michigan.

Menurut Gerdes, temuan planet kerdil ini bisa menjadi langkah awal untuk bisa menemukan planet ke-9. Andalannya hanya satu, yaitu teropong astronomi DEC.

Ilmuwan Ungkap Jumlah Lubang Hitam di Alam Semesta

"Kami tidak sabar memiliki kesempatan untuk bisa menemukan Planet 9. Ini merupakan penemuan astronomi yang paling menarik dalam hidup kami," kata Gerder.

(mus)

Alam semesta paralel.

4 Cerita Alam Semesta Pararel yang Bikin Kamu Bingung

Terdapat cerita alam semesta pararel menarik yang membuat kamu bingung dengan kenyataannya. Cerita ini mungkin membuat kamu bingung dan sangat sulit untuk dicerna.

8 Maret 2022