Hari Ini, NASA Ingatkan Asteroid Halloween Dekati Bumi

Asteroid menghantam bumi (foto ilustrasi)
  • The Sidney Morning Herald

VIVA.co.id – Sistem peringatan dini Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan, pada hari ini, Senin 31 Oktober 2016, sebuah asteroid dideteksi akan melintasi Bumi, asteroid itu bernama asteroid “Halloween”.

Saat melintas, Halloween diperkirakan berjarak 310 ribu mil dari Bumi. Dilihat dari jaraknya cukup dekat, sebab jarak lintasan itu sekitar 1,3 kali jarak Bumi ke Bulan. Mengingat hal tersebut, NASA pun membuat peringatan dini atas temuan tersebut.

Dilansir Metro.co.uk, Senin 31 Oktober 2016, Paul Chodas dari Jet Propulsion Laboratory NASA menyatakan, mereka telah menemukan keberadaan asteroid Halloween sejak lima hari yang lalu, tepatnya 25 Oktober 2016, menggunakan teleskop di Hawaii.

“Ketika teleskop pertama menemukan objek bergerak. Semua yang Anda tahu adalah, itu hanya sebuah titik, bergerak di langit,” kata Chodas.

Secara ukuran, NASA mengatakan, asteroid Halloween itu hampir setara dengan meteorit Chelyabinsk, yang pernah menghantam Rusia pada 2013. Sistem peringatan dini NASA menyebutkan, asteorid Halloween kemungkinan berdiameter 25 meter, sedangkan meteorit Chelyabinsk berdiameter 20 meter.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Chodas mengatakan, perkiraan yang didapat dari teleskop memang menjadi panduan bagi peneliti NASA untuk menentukan apakah bahaya atau tidak objek yang melewati dekat dengan orbit Bumi.

Chobas menambahkan, dengan makin banyak teleskop yang ada, maka manusia makin bisa mendapatkan informasi yang lebih detail tentang objek antariksa yang dekat dengan Bumi.

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi
Lapisan atmosfer yang mengorbit di atas Garis Karman.

Bumi Punya Tameng Langit

Tapi, tahukah kamu, kalau Bumi memiliki tameng langit atau sistem pertahanan yang membuatnya bisa terhindar dari hantaman benda asing dari luar angkasa.

11 Maret 2024