Mengapa Hewan Laut Suka Makan Plastik

Diperkirakan, pada saat ini lautan dunia sudah berisi 150 juta ton plastik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Banyak ilmuwan yang berpikir binatang tertarik memakan plastik karena bentuknya yang dikira seperti makanan. Misalnya banyak kasus kematian penyu karena pencernaan mereka tidak bisa memproses plastik. 

Audit Sampah Sungai Watch Dinilai Tidak Merepresentasikan Kondisi di Indonesia 

Dilansir Newsy, Kamis 11 November 2016, ilmuwan University of California Davis, Amerika Serikat mengatakan, selain bentuknya yang dianggap seperti makanan. Ternyata, binatang laut tertarik dengan plastik karena karena baunya yang tercampur dengan bau lautan.

Seperti penelitian yang dilakukan ilmuwan terhadap burung laut, ternyata bukan hanya burung laut yang memakan plastik, lebih dari 700 spesies laut yang memakannya. 

P&G Indonesia Dukung HPSN 2024: Wujudkan Bebas Sampah Plastik dengan Inovasi dan Kolaborasi!

Menurut peneliti, dari riset yang dilakukan saat plastik tersangkut atau mengambang di laut. Bau binatang laut, misalnya bau udang pun lengket pada plastik tersebut. Dengan bau tersebut pantas plastik sangat disukai oleh burung laut. 

"Hampir 90 persen burung laut memakan plastik. Dan pada 2050 mungkin angkanya sudah jauh lebih banyak dari itu," kata para ilmuwan yang meneliti. 

Audit Sampah Plastik di Sungai Bali dan Banyuwangi Dinilai Tidak Fair

Sekarang tercatat, lebih dari 100 ribu hewan laut mati karena kasus memakan plastik. Penyebab terbesar karena plastik tersebut tidak tercerna. 

Ilustrasi sampah plastik.

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Mulai sadar akan dampak lingkungannya, para mahasiswa kos Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai meninggalkan penggunaan air minum kemasan.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024