Video SpaceX Sukses Uji Tangki Raksasa Planet Mars

Tangki bahan bakar untuk misi berawak ke Planet Mars
Sumber :
  • Twitter/@SpaceX

VIVA.co.id – Perusahaan antariksa swasta, SpaceX mengumumkan telah berhasil menguji purwarupa tangki bahan bakar raksasa yang nanti akan dipakai dalam misi berawak ke Planet Mars. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

SpaceX mengatakan mereka telah menguji purwarupa tangki pada pekan lalu di tengah laut dan hasilnya sesuai yang diharapkan. Dalam pengujiannya, SpaceX mencoba menempatkan tangki bahan bakar itu di bawah tekanan.

Dikutip dari Space, Sabtu, 19 November 2016, pengumuman itu disampaikan dalam akun Twitter SpaceX. 

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

"Sukses menguji purwarupa tangki Mars pekan lalu. Tangki dihantam dengan target tekanan kami. Selanjutnya kami akan menguji kriogenik," tulis SpaceX.

Kriogenik merupakan ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah. 

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Tangki bahan bakar Mars itu merupakan komponen kunci dalam sistem transportasi Planet Mars besutan SpaceX, Interplanetary Transport System (ITS). Tangki tersebut akan menjadi tempat bahan bakar untuk mesin super Raptor yang akan mengirim roket dan pesawat SpaceX ke Planet Merah. 

Tangki bahan bakar untuk misi berawak ke Planet Mars

Sementara beriringan dengan pengujian tangki tersebut, SpaceX juga sedang mengembangkan mesin Raptor. Pendiri SpaceX sebelumnya mengatakan, Mesin Raptor nantinya akan bekerja dengan basis metana dan oksigen cair. Dua bahan itu nantinya akan diproduksi di Planet Mars. 

 

Moving the prototype Mars tank in preparation for testing out at sea.

A video posted by SpaceX (@spacex) on

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya