Cara Bukalapak Bikin UMKM Makin Banyak Go Online

CEO Bukalapak, Ahmad Zaky (kedua dari kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Pendiri dan Chief Executive Officer Bukalapak, Achmad Zaky mengakui, memang agak susah mengajak para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital. Sebab, masih banyak dari mereka yang belum berpikir untuk memasarkan produk lewat platform digital. 

Cara Hemat Belanja Otomotif saat Harbolnas 11.11

Pelaku UMKM di daerah pelosok, kata Zaky, memang melek internet, tapi mereka menggunakannya untuk senang-senang dan hiburan saja. 

"Pemikiran UKM daerah, mereka ini berpikir online itu WhatsApp dan Facebook, itu doang yang fungsional," ujar Zaky saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 28 November 2016.

Panji Gumilang-Al Zaytun Bakal Dipidana, Ganjar Telepon Heru Budi saat Blusukan

Zaky mengatakan, butuh waktu lama untuk mengedukasi UMKM di daerah agar paham e-commerce. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Bukalapak ialah dengan membentuk komunitas pelapak di daerah-daerah. 

Dia menyebutkan, saat ini telah ada komunitas pelapak di 80 kota lebih dengan anggota pelapak sudah lebih dari 2.500 orang. 

Cerita Luhut Bos Bukalapak Gabung ke Kantornya Rela Lepas Penghasilan Rp 400 Juta

"Di tiap wilayah itu ada leader-nya. Jadi, mereka yang menyuarakan informasi dan mengajarkan pelapak lainnya," kata Zaky. 

Salah satu fungsi dari komunitas ini, kata Zaky, yaitu memberikan edukasi kepada UMKM di daerah tentang manfaat internet untuk alat penjualan yang canggih. "Mudah-mudahan lima tahun ke depan, di daerah semakin familiar dengan perdagangan online," tutur Zaky. 

Pembayaran Bukalapak Paylater

Berikut 5 Barang Produktif yang Bisa Anda Beli Menggunakan Paylater

Bukan hanya fintech saja yang menawarkan metode pembayaran ini, e-commerce seperti Bukalapak juga menyediakan pembayaran Bukalapak paylater.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024