Airbus Siapkan Purwarupa Mobil Terbang Otonom

Konsep taksi terbang Airbus
Sumber :
  • www.engadget.com

VIVA.co.id – Di saat perusahaan-perusahaan tengah mencari cara untuk bisa menerapkan mobil otonom atau mobil tanpa sopir bisa mengaspal di jalanan, Airbus malah selangkah lebih jauh. Produsen pesawat terbang itu akan membuat mobil otonom terbang.

3 Mobil Terbang yang Siap Mengudara dan Sudah Bisa Dipesan

Rencana Airbus itu dilihat berdasarkan proyeksi perusahaan yang mana ada target untuk memiliki purwarupa mobil otonom hasil rancangannya. 

Airbus menyampaikan, tahun-tahun mendatang masyarakat akan melihat mobil tanpa supir melintas di jalanan. Tetapi, Airbus memiliki cara lain, yaitu menghadirkan mobil otonom terbang yang dapat ditampilkan lebih awal.

Resmi Dapat Sertifikat, Mobil Terbang Siap Dijual Tahun 2024

Chief Executive Officer Airbus, Thomas Enders, mengatakan Airbus dapat memiliki purwarupa mobil terbang otonom pada akhir tahun 2017. Pernyataan Enders itu diungkapkan saat menghadiri konferensi DLD di Munich, Jerman.

"Seratus tahun yang lalu, transportasi perkotaan bergerak di bawah tanah, sekarang kita memiliki sarana teknologi untuk pergi di atas tanah (terbang)," ujar Ender dikutip dari Cnet, Selasa 17 Januari 2017.

China Bikin Mobil Terbang yang Harganya Terjangkau

Enders menjelaskan, dengan adanya kendaraan yang terbang ini akan berdampak pada kota, maka pemerintah bisa mengurangi biaya infrastruktur kota karena kendaraan-kendaraan yang terbang sudah tak memerlukan lagi jalan.

Di samping itu, Airbus menegaskan komitmennya, mobil terbang ciptaannya dipastikan ramah lingkungan.

Raksasa dirgantara tersebut sebelumnya sudah berencana untuk membuat mobil jadi terbang. Namun, rencana tersebut belum masuk dalam rencana besar Airbus.

"Banyak teknologi yang dibutuhkan, seperti baterai, motor, avionik yang sebagian besar bekerja di sana," kata Rodin Lyasoff, eksekutif Airbus yang bertanggungjawab atas proyek yang tengah dikembangkan perusahaan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya