Usai VoLTE, Smartfren Siapkan Teknologi VoWIFI

Kantor Pusat Smartfren.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Usai menghadirkan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) pada tahun lalu, kini Smartfren tengah menguji teknologi baru yang dinamakan Voice over WiFi (Vo-WiFi). Teknologi ini memungkinkan pelanggan seluler tak memerlukan paket roaming saat berada di luar negeri.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Demikian disebutkan oleh VP Brand & Communication Smartfren Derrick Surya, mengenai salah satu keunggulan utama teknologi Vo-WiFi. Hal itu ia ungkapkan usai peluncuran tiga produk Andromax di Exodus, Kuningan City, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

"Dengan mengandalkan koneksi WiFi maka pelanggan tak perlu lagi paket roaming yang mahal. Tarifnya pun hanya diambil dari pulsa, seperti telepon dalam negeri," ujar Derrick.

Smartfren Home RE11 Rp500 Ribu, Bisa Nyambung ke Puluhan Perangkat

Derrick menjelaskan Vo-WiFi ini bahwa teknologi tersebut tak berbeda dengan konsep Voice over Internet Protocol (VoIP) yang sama-sama menggunakan jaringan data. Bedanya, untuk Vo-WiFi ini tak memerlukan aplikasi seperti WhatsApp hingga Line untuk menjajal.

"Vo-WiFi ini tak perlu aplikasi seperti VoIP tapi mengandalkan koneksi Wi-Fi di sekitar saja jadi bisa untuk melakukan panggilan," ucapnya.

Kompaknya 4 Operator Telekomunikasi Indonesia

Sampai saat ini, teknologi Vo-WiFi ini masih dipersiapkan oleh Smartfren. Diharapkan teknologi tersebut dapat dikomersialkan pada semester satu 2017. Salah satu yang tengah disempurnakan, yakni skema tarif untuk penggunaan Vo-WiFi.

"Secara jaringan kita sudah siap, handset yang beredar di pasaran saat ini juga sudah bisa mendukung Vo-WiFi tapi ada beberapa yang perlu disempurnakan. Mudah-mudahan semester satu tahun ini bisa dihadirkan," ungkap Derrick.

Ilustrasi operator telekomunikasi.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Kemenkominfo meminta seluruh operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat Ooredo Hutchison (IOH), Smartfren, dan XL Axiata untuk meningkatkan kualitas layanan.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024