Tes Kanker Serviks Pakai Air Liur Siap Go Industri

LIPI memulai kick off Indonesia Science Expo atau ISE 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI mengungkapkan salah satu penelitian LIPI siap go industri tahun ini. Penelitian yang dimaksud yaitu tes pap smear menggunakan air liur. Umumnya untuk tes pap smear yang digunakan adalah cairan yang diambil dari bagian dalam organ intim wanita.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Pap smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks atau leher rahim dan bagian dalam organ intim wanita. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi.

"Kami sudah MoU dengan Biofarma," ujar Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto saat konferensi pers kick off ISE 2017, di Gedung LIPI, Jakarta Kamis 2 Februari 2017.

PNM Hadirkan Kembali MEA 2023 Dukung Karya Anak Bangsa

Inovasi tes pap smear dengan deteksi air liur ini, kata Bambang, masuk dalam 10 daftar paten yang akan dilirik oleh industri. Inovasi tersebut nanti akan dipamerkan di Indonesia Science Expo (ISE) 2017 pada Oktober.

ISE bertujuan untuk memamerkan inovasi anak bangsa lainnya, seperti dari penelitian pengembangan, perguruan tinggi, dan lainnya.

Vape Semakin Populer, Raffi Ahmad dan Boedy JVS Hadirkan Inovasi yang Menggebrak di Industri

Sebelumnya, Bambang mengatakan, LIPI menargetkan 10 paten yang dilirik industri pada ISE 2017. Sepuluh paten tersebut adalah bagian dari 50 paten yang dipamerkan dalam ISE 2017. Sebanyak 50 paten tersebut dipilih dari 500 paten yang dimiliki LIPI saat ini.

Selain pameran hasil penelitian dari LIPI, litbang, dan perguruan tinggi, ISE 2017 akan diisi dengan kegiatan science movie, science art, science show, games, workshop, dan talkshow, Youth Science Fair 2017, serta Science Based Industrial Innovation Award 2017. (art)

Aplikasi game online lokal

Bangga Karya Anak Bangsa, Platform Game Lokal Kian Berjaya

Karya anak bangsa ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggemar game online, dengan menjadi sebuah platform top up game andal, aman dan terjangkau

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024