17-2-1959: Wafatnya Penemu Metode Produksi Massal Penisilin

Penemu penisilin.
Sumber :
  • www. ibtimes.co.uk

VIVA.co.id – Andrew J. Moyer, seorang penemu metode massal produksi antibiotik penisilin, meninggal dunia pada 58 tahun yang lalu. Karena penemuan Moyer, sampai sekarang metode memperbanyak penisilin dengan menggunakan limbah jagung masih dipakai.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Ahli mikrobiologi Amerika Serikat (AS) yang lahir pada 30 November 1899 itu memanfaatkan limbah dari proses pembuatan tepung jagung. Ini semacam kaldu jagung curam yang biasa digunakan untuk membuat minuman keras di zamannya, demikian ungkap laman Today in Science.

Moyer menemukan teknik fermentasi limbah sebagai biang untuk hidup penisilin ketika dia bekerja untuk laboratorium Departemen Pertanian AS (1940-1957). 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Metode tersebut bisa memproduksi 2 sampai 8 unit Oxford per mililiter kaldu. Sampai rekor yang ia ciptakan, penisilin diperbanyak hingga lebih dari 200 unit Oxford per mililiter kaldu. 

Angka tersebut diperkirakan bisa menyelamatkan ribuan nyawa pejuang perang selama Perang Dunia II. Metode yang diciptakan oleh Moyer masih dipakai hingga sekarang dan malah digunakan sebagai biang produksi massal antibiotik lainnya. (ren)

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia
Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023