Xiaomi Kini Produksi Prosesor Sendiri

Xiaomi mengumumkan telah memenuhi TKDN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Xiaomi mengumumkan telah melahirkan prosesor buatan mereka yang dinamai Surge S1. Dengan mampu membuat prosesor secara mandiri, Xiaomi kini sejajar dengan Apple, Samsung, dan Huawei, manufaktur yang memproduksi smartphone dan juga prosesor. 

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Dikutip dari Venture Beat, Selasa 28 Februari 2017, prosesor Surge S1 akan langsung disematkan pada smartphone Xiaomi Mi 5c. Prosesor tersebut dibuat Xiaomi di pabriknya, Beijing Pinecone Electronics.

Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun mengatakan, kemampuan memproduksi prosesor secara mandiri merupakan pencapaian puncak sebuah perusahaan smartphone. Maka, Lei Jun menilai langkah maju ini sangat berharga bagi Xiaomi dalam persaingan industri smartphone ke depan. 

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

"Bagi Xiaomi, langkah ini adalah tahap penting berikutnya dalam pengembangan kami, utamanya dalam janji kami untuk memberikan inovasi bagi tiap orang," ujar dia dalam pernyataannya.

Lei Jun menuturkan, Xiaomi berambisi menjadi master dalam teknologi inti di dalam industri smartphone serta ingin mengintegrasikan pengembangan perangkat lunak dan keras mereka. 

Usai Lebaran, Xiaomi Bikin Kejutan untuk Pengguna Indonesia Sore Nanti

"Ini akan membantu kami dalam membuat smartphone yang lebih baik, yang akan secara konsisten mengejutkan industri dan menyenangkan konsumen," kata dia. 

Dengan mampu mengembangkan prosesor mandiri, Xiaomi kini bisa bersaing dengan Qualcomm dan MediaTex, yang selama ini memasok prosesor untuk beberapa smartphone high end dan mid end.

Xiaomi mengatakan, Surge S1 hadir dengan 64 bit, prosesor mobile octa core dan dipadu dengan Mali-T860 GPU quad core. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya