Teknologi yang Diimpikan Bill Gates

Bill Gates.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Banyak orang mengira, teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan canggih. Namun, tidak demikian dengan pemikiran dari seorang pendiri Microsoft, Bill Gates.

Pendiri ChatGPT Sam Altman Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Terlempar

Menurut dia, teknologi komputer yang ada saat ini belum dianggap sebagai terobosan untuk masa depan. Padahal, teknologi komputer saat ini sudah bisa memenangkan kompetisi game melawan manusia, sampai menjaga dan mengendalikan rumah pintar.

Orang terkaya di dunia ini mengakui, teknologi memang sudah jauh lebih berkembang. Namun, yang menarik bagi dia adalah ketika komputer bisa berpikir layaknya manusia, bisa membaca dan memahami informasi.

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang

"Sejarah yang paling besar, yang saya tunggu, adalah ketika komputer bisa membaca dan memahami informasi yang mereka terima. Ini baru bisa dianggap, jika komputer bisa menyamai manusia, berpikir seperti manusia," kata Gates, saat melakukan interaksi online dengan komunitas Reddit, seperti dikutip dari Futurism.

Menurut dia, saat ini, memang banyak perusahaan yang berlomba melahirkan artificial intelligent (AI), namun belum bisa ke arah yang diimpikannya itu. Perusahaan penggerak AI adalah perusahaan besar, mulai dari Google, Microsoft pun, Facebook, dan akademisi ikut serta.

Bill Gates Bakal Cari Solusi Terkait Ekstraksi Kelapa Sawit yang Bisa Merusak Ekosistem

Diketahui, Google saat ini sedang mengembangkan sistem AI lewat perusahaan induknya, Alphabet, dengan nama proyek DeepMind dan Google Brain. Sedangkan Microsoft memiliki banyak program AI, yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Facebook juga punya FAIR, akronim dari Facebook Artificial Intelligence Research. Ada juga, Watson besutan IBM.

"Banyak hal yang menjadi PR di bidang AI, karena saat ini komputer tidak bisa merepresentasikan pengetahuan. Komputer tidak bisa membaca buku dan tidak bisa lulus ujian," kata dia.

Selain AI, kata Bill, terobosan lain yang diimpikan olehnya adalah penemuan vaksin penyakit berbahaya.

"Area lain yang terobosannya paling ditunggu adalah vaksin. Kita butuh vaksin untuk HIV, Malaria dan Tuberculosis (TB). Saya harap, semua vaksin itu bisa ditemukan 10-15 tahun ke depan," papar Gates. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya