Mengenal Mario, Robot Teman Penyadang Demensia

Robot Mario
Sumber :
  • www.thesun.co.uk

VIVA.co.id – Robosoft, perusahaan robot berbasis di Prancis, sedang menguji coba robot yang mereka ciptakan untuk menemani penyandang demensia. Robot canggih ini dinamai Mario.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Dilansir dari Daily Mail, Senin 6 Maret 2017, uji coba dilakukan di beberapa rumah di Inggris yang ada pasien penyandang demensia tahap awal di Stockport, Greater Manchester.

Robosoft mengatakan, Mario dilengkapi dengan layar sentuh di bagian dada untuk menampilkan tayangan-tayangan film, mendengarkan musik, atau menampilkan foto-foto kenangan. Sesekali Mario akan mengajak pasien berbincang-bincang.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

"Kami ingin membawa 'alat memori' dengan menggunakan gambar dari foto-foto keluarga, pernikahan, liburan," kata Robosoft.

Selain itu, Mario juga dilengkapi dengan sensor yang dapat digunakan untuk menemukan barang-barang pribadi yang hilang seperti remote control TV, kunci dan kacamata baca.  

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Namun, Robosoft menuturkan, tujuan utama Mario diciptakan, yaitu memberikan pendampingan pada penyandang demensia. Sebab, lebih dari sepertiga dari mereka yang demensia mengaku merasa kesepian, sedangkan satu studi menemukan orangtua yang kesepian memiliki risiko 64 persen lebih besar dari demensia.

Sejumlah kalangan ada yang khawatir dengan kehadiran Mario. Karena, penyandang demensia bisa jadi kurang berkomunikasi dengan manusia.

Untuk mengembangkan robot itu, butuh biaya 15 ribu poundsterling, atau Rp245,8 juta. Tetapi, jika nanti diproduksi massal, Mario dibanderol dengan harga sekitar 5 ribu poundsterling, atau Rp82 juta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya